Miung.com

Sabtu, 07 Maret 2015

Kerajinan Tangan dari Bambu

Kerajinan tangan dari bambu. Bambu adalah tanaman yang sering kali kita lihat di pedesaan. Kalian juga pasti tidak asing lagi dengan yang namanya bambu. Bambu bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang berasal dari bambu pun tidak kalah cantik dan menarik jika dibandingkan dengan kerajinan yang dibuat dari bahan lain. Ada beraneka ragam kerajinan tangan yang bisa dibuat dari bambu. Kerajinan bambu merupakan suatu symbol yang menunjukan bahwa Indonesia kaya dengan sumber daya alam. Bambu bisa disulap menjadi suatu barang yang sangat bagus jika diolah oleh orang yang mempunyai kreatifitas tinggi.

Indonesia memiliki banyak banget jenis kerajinan yang diolah menggunakan bahan dasar barang – barang yang ada dilingkungan sekitar. Salah satu dari kerajinan tersebut adalah kerajinan tangan dari bambu. Peminat kerajinan bambu sangatlah banyak bahkan bukan hanya warga Indonesia saja tapi ada juga yang dari manca. Keunikan dan kecantikan yang dihasilkan dari beberapa kerajinan bambu membuat daya tarik tersendiri bagi orang-orang. Usaha kerajinan tangan dari bambu adalah salah satu usaha yang menjanjikan, karena selain pemasarannya yang sudah sampai ke mancanegara, modal untuk membuat usaha kerajinan bamboo juga tidak terlalu besar. Mengingat persediaan bamboo yang ada di Negara kita sangat banyak, karena bambu adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki pertumbuhan yang cukup cepat dan juga tidak perlu perawatan yang khusus.

Contoh kerajinan tangan dari bambu adalah kaligrafi bambu, kaligrafi merupakan salah satu kerajinan yang artistic dan juga unik. Kaligrafi yang dibuat dari bamboo bisa berupa tulisan arab dan ada juga kaligrafi yang bertuisan latin. Kaligrafi dari bamboo memiliki nilai lebih yaitu biasanya memiliki bentuk natural dan juga memiliki bentuk tiga dimensi. Karena didalam pembuatan kaligrafi bamboo mereka merangkai sesuai dengan serat bamboo dan sesuai dengan bentuk lengkungan bamboo langsung sehingga nampak lebih natura dan dapat member sebuah kesan alami pada kerajinan ini.

Contoh kerajinan tangan dari bambu yang lainnya adalah kerajinan anyaman. Bamboo mempunyai banyak fungsi, yaitu untuk pilar sebuah bangunan, untuk kerajinan, dan masih banyak lagi fungsi dari pada bamboo yang lainnya. Salah satu wujud dari kerajinan yang terbuat dari bamboo adalah kerajinan anyaman. Menganyam merupakan suatu seni budaya bagi warga Indonesia. Barang – barang tradisional yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari – hari banyak di buat dengan cara dianyam. Beberapa contoh barang yang dibuat dengan cara dianyam adalah kipas, tampah, bakul atau tempat nasi, rinjing, dan masih banyak lagi barang – barang lain yang dibuat dengan cara dianyam. Biasanya bamboo yang sering dijadikan untuk dibuat kerajinan anyaman adalah bamboo yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda, biar lebih mudah dianyam. Bamboo tali adalah jenis bamboo yang paling bagus untuk dibuat sebagai kerajinan anyaman karena jenis bamboo tali mempunyai serat yang lebih halus dan juga tidak gampang patah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik sebaiknya sebelum bamboo dianyam potongan bamboo dijemur terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air yang ada dalam bamboo.
Rating: 4.5