Miung.com

Minggu, 08 Maret 2015

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas dan Tata Cara Membuatnya

Kerajinan tangan dari barang bekas dan cara membuatnya. Ada beberapa kerajinan tangan atau prakarya yang bisa dibuat dari kaleng bekas. Membuat kerajinan dari barang bekas selain menghemat uang untuk keperluan membeli barang, juga dapat mengurangi adanya sampah yang menumpuk yang mengakibatkan pencemaran lingkungan sehingga menyebabkan lingkungan tidak sehat.

Anda dapat memanfaatkan barang- barang bekas yang ada disekitar rumah untuk dijadikan sebuah kerajinan tangan. Dari barang – barang tersebut dapat dirubah atau dibentuk menjadi beberapa finiature. Dengan membuat kerajinan sendiri dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada, anda dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif anda. Dibawah ini ada beberapa contoh kerajinan tangan dari kaleng bekas dan cara membuatnya, semoga penjelasan dibawah ini dapat bermanfaat bagi anda dan lingkungan anda.

Kerajinan tangan dari barang bekas dan cara membuat tempat perhiasan seperti, anting- anting, bros, peniti, dll dari bahan CD bekas atau CD yang sudah tidak dipakai lagi. Untuk membuat nya anda hanya perlu melubangi CD bekas tersebut pada bagian tepi lakukan secara melingkar, lubang tersebut berfungsi untuk menyematkan bros, anting- anting atau perhiasan bentuk lain. Supaya tempat perhiasan itu bisa berdiri sendiri anda dapat menaruh CD pada wadahnya. Selain memanfaatkan CD untuk membuat tempat perhiasan anda juga dapat memanfaatkan sebuah raket yang sudah tidak terpakai untuk membuat sebuah cermin. Cermin yang terbuat dari sebuah raket bisa berbentuk lonjong agar terlihat eksotik. Cara membuatnya anda dapat mengganti bagian snar yang terdapat pada raket dengan menggantinya menggunakan cermin. Potong cermin tersebut seperti bentuk raket sehingga dapat dimasukan kedalam raket.

Kerajinan tangan dari barang bekas yang lain adalah rak pot yang berasal dari laci susun. Anda dapat memanfaatkan laci susun yang sudah tidak dipakai untuk membuat rak- rakan tempat pot. Cara membuatnya dengan mengatur laci tersebut dan membuatnya menjadi sebuah tingkatan sehingga dapat diisi tanah dan tanaman. Kerajinan tangan yang lain adalah rak anting yang terbuat dari raket, jika diatas sudah dijelaskan tentang rak perhiasan atau anting yang terbuat dari CD bekas, kali ini anda dapat membuat rak anting dari raket yang sudah tidak terpakai. Anda dapat memanfaatkan raket yang sudah tidak dipakai sebagai gantungan anting- anting. Gantungkan raket pada sebuah dinding sehingga dapat bermanfaat untuk gantungan anting- anting. Selain raket sebuah kancing juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan. Kancing dapat dijadikan sebuah hiasan, anda dapat memanfaatkan kancing yang memiliki warna menarik untuk dijadikan furniture rumah dengan cara menyematkan kancing pada permukaan cup lampu tidur anda supaya terlihat lebih menarik. Anda juga dapat membuat emotion dari bola tenis, anda dapat membuatnya dengan cara membelah bagian tengah supaya menganga dan memberi tambahan hiasan mata ikan supaya lebih sempurna. Setelah terbentuk menjadi sebuah emotion anda dapat menggunakannya sebagai tempat peniti atau barang lain. Nah, itu tadi beberapa kerajinan tangan dari barang bekas dan cara membuatnya, semoga pemaparan diatas dapat bermanfaat bagi anda.
Rating: 4.5