Miung.com

Minggu, 01 Maret 2015

Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

Kerajinan tangan dari batok kelapa. Barang- barang yang sudah tidak terpakai dan tidak memiliki nilai guna lagi tidak selamanya menjadi sampah. Jika anda bisa mendaur ulang barang- barang tersebut, barang –barang yang sudah tidak terpakai itu bisa menjadi suatu barang yang memiliki nilai guna kembali dan bisa juga menjadi suatu barang yang laku untuk dijual. Salah satu contoh barang bekas yang bisa didaur ulang menjadi suatu barang kerajinan adalah batok kelapa. Pohon kelapa adalah pohon yang hampir dari semua bagian nya dapat bermanfaat bagi manusia. Buah dari pohon kelapa dapat di konsumsi, air kelapanya dapat diminum, lidi yang berada ditengah- tengah daun dapat dibuat menjadi sapu lidi, pohonya sendiri dapat dijadikan sebagai bahan bangunan, sampai pada batok kelapanya pun dapat kita manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Batok kelapa sering kali anda temui dalam kehidupan sehari hari. Batok kelapa sering kali dibuang oleh para ibu ibu ketika kelapanya sudah diambil. Padahal sebenarnya batok kelapa tersebut bisa diolah sehingga menjadi barang yang memiliki nilai guna lagi.

Kerajinan yang terbuat dari batok kelapa memiliki nilai seni dan artistic yang tinggi. Batok kelapa dapat diolah menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang menarik dan unik. Aada beberapa contoh href="http://www.miung.com/2015/03/kerajinan-tangan-dari-batok-kelapa.html">kerajinan tangan dari batok kelapa yang mungkin bisa dijadikan sumber inspirasi bagi anda yang ingin membuka usaha kerajinan tangan.

Contoh kerajinan tangan dari batok kelapa yang pertama yaitu barbagai macam benda yang dapat dipajang di dalam rumah. Batok kelapa bisa diolah menjadi benda pajangan rumah seperti lampu tidur, gajah-gajahan, motor-motoran, kuda lumping, becak-becakan dan masih banyak jenis miniature yang bisa dibuat dengan menggunakan batok kelapa. Kerajinan batok kelapa yang lainnya adalah kerajinan yang berbentuk poci seperti cangkir, gelas, mug, piring, mangkok, poci dan lainnya. Selain bisa dijadikan hiasan kerajinan dengan bentuk poci ini juga bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti makan, minum atau sebagi tempat saji makanan. Batok kelapa juga bisa dibuat menjadi kerajinan yang berbentuk tempat tisu, jam dinding, bingkai foto, celengan, selain itu batok kelapa juga bisa dibuat menjadi sebuah tas dan juga dompet. Tas yang dihasilkan dari batok kelapa banyak digemari oleh kaum wanita karena modelnya yang cantik unik dan menarik.

Nah, itu di atas merupakan beberapa bentuk kerajinan tangan dari batok kelapa. Unik dan menarik buka? Mengolah baok kelapa menjadi sebuah kerajinan tangan selain untuk manjaga kebersihan lingkungan, hal ini juga bisa membantu kita untuk selalu berkreasi sehingga mampu menghasilkan kerajinan tangan yang unik dan juga menarik. Anda bisa mencoba membuat kerajinan tangan ini dirumah, siapa tahu kelak bisa membuka usaha kerajinan tangan dari batok kelapa.
Rating: 4.5