Miung.com

Minggu, 01 Maret 2015

Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Kerajinan tangan kain perca adalah suatu karya seni yang dihasilkan dengan menggunakan bahan limbah jahitan. Karena kerajinan perca merupakan kerajinan yang dihasilkan dari bagian dunia jahit. Kerajinan kain perca diproduksi dengan menggunakan bahan limbah jahitan atau kain sisa jahitan. Kain perca adalah kain sisa jahitan yang sudah tidak dipaki lagi. Kain perca sering kali dibuang begitu saja, jika mereka tidak tahu kalau sebenarnya kain sisa itu bisa dipakai untuk membuat sebuah keajinan. Hal ini akan berbeda dengan seseorang yang memiliki jiwa bisnis dan jiwa seni yang tinggi, bagi orang-orang seperti ini kain perca akan diolah sedemikian rupa sampai menjadi sebuah kerajinan yang indah nan cantik, sehingga dari yang tadinya hanya sebuah kain sisa bisa berubah menjadi suatu barang yang memiliki nilai seni dan nilai jual.


Cara membuat kerajinan tangan kain perca adalah dengan cara memotong kain sisa tersebut dan dibentuk sesuai dengan kerajinan yang akan dibuat. Missal kain perca akan dibentuk menjadi sebuah bunga, maka potonglah kain sisa tersebut menyerupai bungan yang diinginkan. Kerajinan kain perca tidak hanya menggunakan satu kain yang memiliki warna sama, melainkan harus mengkombinasikan beberapa macam warna kain untuk digabung menjadi satu. Agar hasil kerajinan terlihat cantik, maka harus pintar dalam mengkombinasikan warna yang dipakai.


Pada awalnya kerajinan tangan kain perca merupakan kerajinan tradisional yang belum banyak disukai oleh orang. Tetapi seiring dengan kemajuan teknologi yang terjadi kerajinan perca menjadi sebuah tren yang baru dalam dunia kerajinan seni. Banyak sekali masyarakat yang menyukai kerajinan kain perca. Beberapa contoh kerajinan yang berasal dari kain perca adalah gorden kain perca, jampel kain perca, lukisan dinding kain perca bahkan ada juga yang membuat boneka menggunakan kain perca, dan masih banyak lagi kerajinan yang bisa dihasilkan dari kain perca.


Dari berbagai jenis kerajinan tangan dari kain perca yang disebutkan diatas, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang gorden yang dihias dengan kain perca. Menghias sebuah gorden dengan kain perca merupakan salah satu kerajinan tangan yang berasal dari kain perca. Hal ini sering dilakukan guna menambah kecantikan gorden. Seni kerajinan ini dilakukan dengan cara menjahit dengan tangan atau menyulam potongan-potongan kain perca yang sudah dibentuk menjadi sebuah gambar yang diinginkan untuk ditempelkan pada sebuah gorden dengan menggunakan bantuan alat jahit, kain perca itu berfungsi sebagai hiasan agar gorden lebih indah dan cantik. Cara menjahit kain perca dengan cara mengikuti seluruh bagian tepi pola sebuah gambar yang sudah dibuat. Dalam pemilihan kainnya harus benar-benar diperhatikan. Karena hasil perpaduan yang dihasilkan dari kain dan corak yang terdapat dalam kain perca itu sangat mempengaruhi hasil dari seni kerajinan ini. Alangkah lebih baiknya jika memilih sebuah kain yang polos jika memang akan dihias dengan menggunakan kain perca. Karena dengan menggunakan kain gorden yang polos akan lebih cantik hasilnya saat ditambah dengan kain perca.
Rating: 4.5