Miung.com

Minggu, 29 Maret 2015

Kerajinan Tangan dari Kulit Jagung

Kerajinan tangan dari kulit jagung. Kulit jagung sering kali kita temui dalam kehidupan sehari- hari. Seringnya kulit jagung hanya dijadikan sebagai salah satu sampah yang sering dianggap tidak menguntungkan. Oleh karena itu banyak masyarakat yang membuang begitu saja kulit jagung yang dimiliki atau kulit jagung juga kerap dijadikan sebagai pakan bagi hewan ternak seperti sapi. Padahal sebenarnya kulit jagung bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai jual dan nilai guna. Bagi anda yang sering berfikir kreatif mungkin kulit jagung adalah sumber penghasilan tambahan bagi anda. Berbeda dengan anda yang hanyaa menganggap kulit jagung sebagai limbah atau sampah lingkungan, kebanyakan dari mereka akan membuangnya begitu saja. Tapi bagi para pengrajin mereka akan mengolah kulit jagung menjadi berbagai macam jenis barang yang cantik sehingga memiliki daya tarik dan daya jual yang tinggi.

Jika anda adalah seorang yang memiliki jiwa seni, anda harus bisa memanfaatkan kulit jagung ini untuk membuat sebuah kerajinan tangan. Membuat sebuah kerajinan tangan dari jagung tidak kalah menarik dengan membuat kerajinan tangan dari bahan lain. Hasilnya pun tidak kalah bagus.

Sebelum anda membuat kerajinan tangan dari kulit jagung. Kulit jagung harus diolah terlebih dahulu agar dalam proses pembuatannya lebih mudah dan juga untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus. Untuk mengolah kulit jagung yang harus dilakukan pertama kali adalah memisahkan lapisan yang terdapat pada kulit jagung. Pisahkan bagian lapisan kulit jagung yang akan dipakai untuk membuat sebuah kerajinan tangan dengan lapisan kulit yang tidak dipakai. Lapisan kulit jagung yang dipakai untuk membuat sebuah kerajinan tangan adalah lapisa kulit yang ada pada bagian dalam karena lapisan itu memiliki tekstur yang lebih lunak. Setelah anda memisahkan lapisan kulit jagung yang akan dipakai langkah yang selanjutnya adalah anda harus menjemur lapisan kulit jagung yang akan dipakai tadi dibawah sinar matahari agar lapisan kulit jagung itu kering, namun anda tidak perlu lama- lama untuk menjemurnya. Setelah kulit jagung itu dijemur tugas yang selanjutnya adalah member warna pada lapisan kulit jagung anda bisa menggunakan pewarna dari tekstil, proses pemberian warna ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus dan lebih menraik ketika dibuat menjadi sebauah kerajinan. Setelah diberi warna jemur kembali dibawah terik matahari supaya lapisan kulit jagung kering. Setelah lapisan kulit jagung kering kemudian angkat dan anda harus menyetrika lapisan kulit jagung itu supaya bisa lurus sehingga lebih mudah untuk dibuat sebagai kerajinan.

Ada beberapa jenis contoh kerajinan tanggan dari kulit jagung seperti, macam- macam bunga. Kulit jagung dapat didaur ulang menjadi sebuah bunga hiasan seperti bunga mawar, latulip, dan masih banyak jenis bunga yang lainnya. Selain itu kulit jagung juga bisa didaur ulang menjadi sebuah kipas, dan juga tepat pensil yang cantik. Anda juga bisa membuat kerajinan yang lainnya yang berbahan dasar dari kulit jagung.
Rating: 4.5