Miung.com

Sabtu, 14 Maret 2015

Kerajinan Tangan dari Plastik

Kerajinan tangan dari plastik. Seperti yang kita ketahui plsatik adalah salah satu jenis sampah yang sangat sulit diuraikan bahkan bisa dikatakan plastik tidak bisa terurai dengan sendirinya. Oleh karena itu akan lebih baik jika anda bisa memanfaatkan plastik yang ada di sekitar rumah anda agar tercipta kondisi yang ramah lingkungan. Manfaatkan plastik bekas untuk membuat sesuatu yang berguna agar tidak terbuang begitu saja dan mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Pada dasarnya barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan, begitu juga sampah plastik. Jika anda bisa mengolahnya anda bisa memanfaatkan plastik untuk dibuat menjadi sebuah kerajinan tangan. Kerajinan tangan dari plastik ada beberapa jenis dan macamnya. Salah satu contoh kerajinan tangan yang terbuat dari plastik adalah tas plastik. Untuk membuat tas dari plastik anda hanya membutuhkan sedikit kreatifitas untuk mengolahnya. Dengan adanya kreatifitas plastik dapat disulap menjadi sebuah tas yang bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari- hari. Proses untuk membuat plastik tidak terlalu sulit. Anda hanya membutuhkan beberapa bungkus plastik yang memiliki warna dan motif atau corak yang sama, perekat, renda untuk member hiasan agar nampak lebih cantik,
jarum, bisban.

Cara membuat kerajinan tangan dari plastik, langkah awal anda harus membersihkan noda- noda yang ada pada kemasan plastik. Bersihkan plastik dengan menggunakan tisu atau jika noda yang terdapat dalam plastik susah dibuang anda bisa merendam plastik dengan menggunakan air yang sedikit hangat. Setelah plastik nampak bersih anda harus menggunting kemasan plastik sesuai dengan keinginan anda. Pada saat memotong plastik usahakan memotong dengan ukuran yang sama. Setelah itu guntinglah dua bagian kemasan yang lain pada sisi yang sebelah kanan dan juga pada sisi yang sebelah kiri, potonglah menjadi dua. Kemudian anda harus menjahit bisban pada sisi- sisi setiap kemasan yang telah di potong- potong tadi. Setelah bisban terpasang, kemudian anda juga harus memasang perekat dengan cara dijahit dengan mesin jahit. Pasang dan jahit bisban yang lebar pada permukaan plastik untuk dijadikan sebagai tali. Untuk mempercantik hasil tas plastik anda bisa menambahkan renda untuk dijadikan hiasan sehingga tas nampak lebih cantik saat dipandang. Anda harus menyambungkan dua kemasan plastik yang telah dipotong untuk bagian kiri dan bagian yang sebelah kanan. Setelah itu anda harus menyambuang dengan menggunakan mesin jahit kemudian memasang kembali bisban pada tepi seluruh bagian tas. Tas plastik yang cantik dan unik siap digunakan.

Cantik bukan hasil kerajinan tangan dari plastik, meskipun cara membuatnya sedikit agak berlibet tetapi barang yang dihasilkan tidak mengecewakan. Anda bisa mempraktekan dirumah, ya iseng- iseng membersihkan rumah sambil menghasilkan barang yang bermanfaat. Selain rumah nampak lebih bersih anda juga bisa memiliki tas cantik yang unik karya sendiri. Menarik bukan? Selamat mencoba.
Rating: 4.5