Miung.com

Selasa, 17 Maret 2015

Kerajinan Tangan dari Sabun

Kerajinan tangan dari sabun. Kerajinan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan tangan untuk mengolah suatu benda atau barang untuk dirubah bentuk atau jenisnya melalui sebuah proses dengan menggunakan sedikit kreatifitas dan seni. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang kerajinan tangan yang berbahan dasar sabun. Sabun? Saya yakin anda sudah tidak asing mendengar kata sabun. Sabun adalah barang yang kerap kita temui dalam kehidupan sehari- hari. Bahkan setiap hari kita menggunakan sabun. Mungkin anda tidak percaya jika dari sabun bisa diolah menjadi kerajinan tangan yang cantik dan lucu. Kerajinan tangan dari sabun juga bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika dibuat sedemikian rupa hingga memiliki model dan bentuk yang berbeda dengan sabun yang biasa kita gunakan untuk mandi sehari- hari.

Bagi sebagian orang mungkin sabun hanyalah salah satu benda yang hanya digunakan pada saat mandi atau cuci tangan dan cuci kaki. Namun ada beberapa kalangan yang menjadikan sabun sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan tangan. kerajinan tangan yang dibuat dengan menggunakan sabun tidak kalah menarik dengan kerajinan tangan yang dibuat dengan bahan yang lain. Sabun yang sering kita gunakan untuk mandi bisa dibuat menjadi beberapa jenis kerajinan tangan seperti bunga, hewan, ukiran dan masih banyak lagi jenis kerajinan tangan dari sabun yang lainnya.

Ada beberapa ide kreatif mengolah sabun menjadi kerajinan tangan. Salah satu diantaranya adalah membuat kerajinan tangan bunga cantik dari sabun. Untuk membuat kerajinan tangan dari sabun ini ada beberapa bahan yang harus anda siapkan terlebih dahulu sebelum anda membuat kerajinan itu. Bahan yang dibutuhkan adalah sabun padat, air, pewarna makanan dan tepung maizena.

Cara membuat kerajinan tangan dari sabun ini adalah, langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu memarut sabun padat yang sudah disediakan dengan menggunakan parutan kelapa atau bisa juga dengan menggunakan parutan keju. Setelah sabun diparut langkah yang berikutnya adalah member sedikit air pada parutan sabun tadi dan mengaduknya hingga semua tercampur dengan rata. Selanjutnya anda harus member pewarna makanan pada adonan tadi agar kerajinan tangan yang dihasilkan memiliki warna yang bagus. Setelah diberi pewarna makanan anda harus mencampurkan adonan tersebut dengan tepung maizena yang sudah disiapkan agar adonan mudah dibentuk. Untuk membentuk adonan menjadi sebuah bunga yang cantik, anda cukup mengambil adonan untuk dibentuk menjadi sebuah silinder setelah adonan terbentuk menjadi silinder lalu adonan tersebut dipipihkan secara perlahan setelah itu digulung-gulung mulai dari ujung dengan menggunakan tangan sambil membentuk sebuah mawar. Bunga mawar dari sabun siap untuk dipajang guna mempercantik rumah anda. Mudah bukan untuk membuatnya? Selamat mencoba.
Rating: 4.5