Miung.com

Minggu, 29 Maret 2015

Kerajinan Tangan dari Tanah Liat

Kerajinan tangan dari tanah liat. Di lingkungan sekitar banyak sekali benda-benda yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai kerajinan. Diantara benda-benda tersebut salah satunya adalah tanah liat. Tanah liat adalah salah satu sumber daya alam yang bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan yang memiliki nilai seni dan juga nilai jual. Ada berbagai macam jenis kerajinan yang dapat diproduksi dengan bahan dasar tanah liat. Kerajinan tanah liat biasanya tidak hanya mempunyai nilai seni saja, tapi kerajinan yang berasal dari tanah liat biasanya bisa digunakan atau dimanfaatkan dalam kehidupan setiap harinya.

Banyak juga kerajinan tangan dari tanah liat yang hanya bertujuan untuk hiasan semata, jika kerajinan yang diproduksi hanya untuk sebuah hiasan maka pada saat pembuatan kerajinan itu lebih ditekankan pada nilai seni yang lebih unggul, dibuat semenarik mungkin dan secantik mungkin agar pada saat di panjang memiliki nilai seni yang tinggi. Contoh kerajinan tanah liat yang dibuat hanya untuk hiasan adalah topeng. Topeng dibuat dengan nilai seni yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai guna, karena topeng hanya akan dijadikan sebagai hiasan sehingga topeng dibikin dengan hati guna memperolah hasil yang mempunyai nilai seni yang tinggi.

Guru seringkali menyuruh muridnya untuk membuat kerajinan tangan dari tanah liat, hal ini sering dijumpai pada saat anak ujian atau juga sebagai tugas dari pelajaran kesenian. Dan tidak jarang pula jika murid bingung akan membuat kerajinan dengan bentuk seperti apa. Pada dasarnya banyak sekali jenis kerajinan yang dapat dibuat dari tanah liat. Dan barang - barang itu sebenarnya banyak kita temui dirumah seperti guci tanah liat, asbak, teko air dari tanah liat, tempat pensil, miniature, gelas, tembikar, dan masih banyak lagi contoh kerajinan yang bisa dibuat dari tanah liat.

Anda bisa membantu buah hati anda untuk memberikan saran tentang kerajinan apa yang akan dibuat. Sebaiknya anda pilihkan barang yang paling sederhana jadi proses pembuatannya pun tidak terlalu susah dan juga lebih menghemat waktu, mengingat tugas dari sekolah pasti waktu yang berikan lebih sedikit jika dibandingkan dengan membuat kerajinan tangan dari tanah liat untuk dipakai sendiri ataupun untuk dijual. Oleh karena itu sebaiknya anda memilihkan barang yang sederhana agar lebih efisien dan hasil nya juga tidak mengecewakan, karena meskipun barang yang dibuat sederhana tapi tetap terlihat cantik dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Untuk membuat kerajinan tangan dari tanah liat ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah anda harus mempersiapkan alat – alat dan juga bahan – bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu, supaya anda bisa lebih focus pada saat proses pembuatan kerajinan itu tanpa harus repot mencari bahan yang belum ada di tengah – tengah proses pembuatan. Sebab tidak focus saat membuat juga bisa mempengaruhi nilai keindahan yang akan dihasilkan.
Rating: 4.5