Miung.com

Senin, 09 Maret 2015

Kerajinan Tangan Koran Bekas

Kerajinan tangan Koran bekas adalah suatu pekerjaan yang bisa dilakukan oleh semua orang dengan cara membuat berbagai macam bentuk. Hal ini bisa dilakukan guna mengisi waktu yang luang. Selain untuk mengisi waktu luang, juga bisa dijadikan sebagai salah satu usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Berbicara tentang kerajinan tangan koran bekas sangat menarik karena seperti yang kita ketahui bahwa jangka waktu masa aktif koran sangatlah sedikit. Koran akan menjadi suatu barang bekas setelah hitungan 24 jam, hal ini bisa dikatakan kalau hampir setiap hari ada beribu-ribu Koran bekas yang sudah tidak dipakai lagi. Bisa anda bayangkan jika Koran-koran tersebut anda manfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan tangan, berapa banyak omset yang akan dihasilkan setiap hari nya ? tentunya sangat banyak bukan. Oleh karena itu manfaatkan lah tumpukan koran yang ada dirumah anda untuk membuat kerajinan tangan siapa tahu hal itu bisa menjadikan anda menjadi seorang wirausaha kerajinan.

Membuat kerajinan tangan koran bekas tidaklah sulit. Namun, hanya membutuhkan banyak ide dan juga kreatifitas yang baru untuk menghasilkan suatu barang kerajinan. Mungkin banyak diantara kalian banyak yang sudah tahu tentang kerajinan koran ini. Salah satu tekhnik paling mudah dalam pembuatan kerajinan dari Koran adalah menganyam. Dengan cara menganyam koran-koran bekas bisa mempermudah anda untuk membuat berbagai macam jenis barang. Contoh barang-barang yang dihasilkan adalah tatakan gelas, miniature becak, miniature masjid, kotak pensil, kotak serba guna, nampan, dan lain-lain.

Proses pembuatan kerajinan tangan koran bekas adalah dengan cara memotong bagian Koran yang masih utuh menjadi delapan lembaran yang kecil. Setelah itu menggulung lembaran-lembaran itu samapi benar-benar padat pada bagian tengahnya. Untuk melekatkan memakai lem kayu yang dicampuri dengan sedikit air. Setelah Koran dibentuk menjadi sebuah gulungan, jemurlah gulungan itu sampai kering dan mengeras. Nah, dari gulungan-gulungan itu bisa anda ciptakan berbagai macam kerajinan. Kerajinan yang dibuat bukan hanya bentuk batangan saja, akan tetapi bisa juga menggunakan gulungan yang telah dipipihkan juga bisa menghasilkan suatu barang. Dari gulungan Koran yang berbentukpipih bisa menghasilkan barang seperti kap lampion lampu tidur, berbagai bentuk replica, dan juga vas bunga.

Berbagai keunikan yang dimiliki oleh kerajinan tangan koran bekas ini membuat banyak orang menyukai hasil kerajinan ini. Sehingga pemasarannya dapat dengan mudah dilakukan. Untuk memasarkan hasil kerajinan Koran ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan internet untuk mencapai jangkauan yang lebih luas tetapi menghemat biaya. Banyak pengrajin Koran yang menjual karyanya hingga ke Negara tetangga. Karena banyak Negara tetangga yang tertarik pada hasil produksi kerajinan Koran yang dihasilkan oleh warga Indonesia.
Rating: 4.5