Miung.com

Selasa, 03 Maret 2015

Kerajinan Tangan Unik

Kerajinan tangan unik. Ada beberapa macam jenis kerajinan tangan yeng berbentuk unuk yang dapat kita lihat ditoko-toko. Kerajinan tangan tersebut diantaranya banyak diproduksi dari barang bekas seperti botol plastik, kain flannel, stik es krim, kardus bekas, korsn bekas, sedotan, bamboo, dan masing banyak lagi barang bekas lainnya yang bisa dijadikan sebagai kerajinan.

Salah satu contoh kerajinan tangan unik yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah lilin hias dengan wadah gelas kaca yang kecil dan memiliki warna yang menarik. Lilin hias selain digunakan untuk hiasan meja, ruang tamu atau kamar tidur, lilin hias juga bisa digunakan untuk penerangan pada malam hari, atau bisa juga dijadikan sebagai pengharum dalam ruangan jika pada waktu pembuatanya ditambahkan dengan wewangian. Bahan dan cara membuat lilin hias adalah sebagai berikut, lilin bubuk, sumbu, gelas kaca yang berukuran kecil, krayon, penyangga, dan wadah.

Cara membuat kerajinan tangan unik lilin hias adalah yang pertama anda harus menuangkan bahan lilin bubuk kewadah yang sudah disediakan,kemudiaan panaskan lilin bubuk tersebut dengan menggunakan oven atau panci sampai mencair. Hal ini berfungsi untuk melapisi sumbu dan lilin supaya bisa berdiri saat diteruh kedalam gelas. Setelah mencair, tuangkan cairan itu kedalam gelas yang akan dijadikan sebagai tempat lilin hias itu. Kemudian letakkan sumbu yang sudah diolesi dengan lilin cair ke dalam dasar gelas kaca dan atur supaya sumbu itu bisa berdiri didalam gelas kaca. Kemudiaaan anda bisa menyiapkan beberapa krayon yang memiliki warna berbeda. Buanglah bungkus dan kertas yang ada pada krayon, anda cukup mengambil isi krayonnya. Setelah anda mengambil isi krayonnya, kemudian letakkan beberapa buah krayon kedalam beberapa tempat kecil yang sudah terisi bahan lilin. Dan harus anda pastikan bahwa masing-masing tempat diisi dengan krayon yang berbeda warna. 

Panaskan dan tunggu hingga mencair. Setelah mencair siapkan gelas kaca yang sudah terisi sumbu, dan letakkan pada posisi miring pada satu sisi anda bisa menggunakan alat bantu penyangga untuk menjaga gelas agar tidak goyang. Setelah gelas dipastikan tidak goyang anda bisa menuangkan cairan warna yang telah dibuat tadi satu pesatu. Untuk memberikan cairan warna yang lain anda harus menggu sampai cairan warna yang pertama beku lakukan hal tersebut sampai gelas kaca tersebut terpenuhi, anda harus melakukanya dengan posisi yang miring dan berlawan arah. Pastikan gelas kaca terisi penuh.

Nah mudah bukan cara membuat kerjainan tangan unik lilin hias, anda bisa mencoba membuatnya dirumah untuk mengisi waktu luang yang anda miliki selain itu juga bisa buat mengasah kreatifitas anda, siapa tahu hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu usaha yang bisa memberikan penghasilan tambahan untuk keluarga anda.
Rating: 4.5