Miung.com

Sabtu, 28 Maret 2015

Kerajinan tangan

Kerajinan tangan adalah suatu seni yang dihasilkan dari tangan- tangan orang berbakat atau tangan- tangan orang yang memiliki jiwa kreatifitas yang tinggi. Dari tangan- tangan orang yang memiliki jiwa kreatifitas tinggi suatu barang yang sudah tidak punya nilai jual atau bahkan sering dianggap sebagai sampah bisa dirubah menjadi suatu barang yang memiki nilai jual. Tak heran jika kita sering melihat kalau barang yang sudah kita anggap sampah tapi malah justru barang itu adalah sumber penghasilan bagi orang lain. Ada berbagai macam jenis kerajinan yang dapat kita jumpai didaerah kita, seperti kerajinan telur, kerajinan bamboo, kerajinan kaleng, kerajinan sedotan, kerajian tanah liat, dan masih banyak lagi kerajinan yang lainnya.

Ada beberapa contoh kerajinan dari Indonesia yang unik dan terbuat dari sesuatu yang sudah tidak terpakai diantaranya adalah kerajinan tangan kulit telur. Bagi anda yang tidak memiliki jiwa seni, kulit telur mungkin hanya dianggap sebagai salah satu sampah yang terdapat di rumah anda. Padahal sebenarnya dari kulit tersebut dapat kita manfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan yang unik, dan bisa dijadikan sebagai hiasan dalam rumah kita untuk memprindah keadaan rumah. Telur adalah salah satu jenis bahan makanan yang sering dimakan oleh masyarakat. Tidak heran jika kulit telur adalah salah satu jenis sampah yang ada disekitar lingkungan.

Kulit telur dapat disulap menjadi sebuah kerajinan tangan. Ada beberapa jenis kerajinan yang dapat dibuat dengan menggunakan bahan dasar kulit telur. Nilai keindahan yang dihasilkan dari kerajinan kulit telur ini juga tidak kalah dengan kerajinan dari bahan yang lainnya. Dari kulit telur anda dapat merubahnya menjadi sebuah aksesoris yang cantik, atau juga dapat dijadikan sebagai furniture. Selain dapat digunakan untuk menghias rumah anda, kerajinan kulit telur juga dapat anda jual. Karena kerajinan dari kulit telur memiliki nilai jual yang cukup lumayan, dan bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk usaha rumahan yang bisa digeluti. Karena omset yang dihasilkan dari menjual kerajinan kulit telur cukup menjanjikan, selain itu modal pembuatannya juga tidak besar.

Kerajinan tangan dari kulit telur sangat mudah dalam pembuatannya. Anda hanya perlu mengecat dan melukis kulit tersebut sedemikian rupa sampai terlihat cantik dan memiliki nilai seni. Untuk mengukir kulit telur tentu saja tidaklah semudah ketika kita melukis dimedia lain seperi kertas, kain atau media yang lain. Melukis pada kulit telur membutuhkan tekhnik yang khusus agar kulit telur tidak rusak atau pecah. Kerajinan dari kulit telur sering dijadikan sebagai cindera mata. Dan biasanya banyak para perusahaan –perusahaan besar yang membeli kerajinan kulit telur untuk cindera mata. Hal ini dikarenakan selain harga nya yang relative lebih murah, kerajinan kulit telur juga memiliki niali seni yang tinggi. Sehingga tidak heran lagi jika banyak orang yang mengagumi jenis kerajinan dari bahan kulit telur ini.
Rating: 4.5