Miung.com

Rabu, 18 Maret 2015

Macam-Macam Koneksi Internet di Indonesia

Macam-Macam koneksi internet yang ada di Indonesia saat ini sangatlah beragam. Koneksi internet (i-net) tingkat kecepatannya berbeda-beda, ada yang sangat lambat, sedang, dan ada juga yang sangat cepat dengan menggunakan teknologi terbaru.
Berikut macam-macam koneksi internet yang ada di indonesia:

1. Analog (up to 56k)

Analog disebut juga dengan dial-up access. Koneksi ini sangat lambat. Layanan ini memakai modem yang disambungkan ke PC. Para pengguna dapat terhubung ke i-net saat komputer dihubungkan ke nomor yang disediakan oleh masing-masing provider dan telah terhubung pada jaringan. Pada sistem ini, data dikirim melalui saluran telepon umum yang menggunakan modem sehingga aksesnya tidak selalu baik.

2. ISDN

ISDN singkatan dari “Integrated services digital network” yakni standar komunikasi bertaraf internasional berfungsi sebagai pengiriman suara, video atau data melalui saluran telepon yang digital. Ini dapat juga melalui sebuah kabel pada telepon normal.

3. B-ISDN
Broadband ISDN ini hampir sama fungsinya dengan ISDN. Perbedaannya pada transfer data, B-ISDN ini sambungan kabelnya optik fiber. SONET adalah pengangkut fisik utama pada B-ISDN. Broadband ini telah diimplementasikan secara luas.

4. DSL
Koneksi DSL ini selalu tersambung karena menggunakan dua kabel tembaga pada telepon yang telah tersambung ke dasar, tidak terikat telepon. DSL dikategorikan menjadi dua yaitu ADSL dan SDSL.

5.
Cable
Modem kabel dapat digunakan untuk koneksi i-net brodband yang memang didesain bekerjanya melalui TV Kabel. Kabel ini bekerja melalui ruang channel TV sebagai transmisi data, melalui channel khusus yang dapat digunakan untuk transmisi downstream, channel lainnya untuk transmisi yang upstream. Kabel bersumbu sama dengan TV Kabel, sehingga mampu menyediakan bandwith lebih besar daripada jaringan telepon.

6. Wireless Internet Connections

Wireless Internet merupakan koneksi internet yang terbaru. Koneksi ini memakai frekuensi radio. Koneksinya dapat diakses dimanapun selama masih pada cakupan jaringannya. Wireless ini masih jarang digunakan, harganya pun masih mahal. Sementara ini baru beroperasi di kota-kota besar.

7. T-1 Lines

Ini seringkali disewakan untuk koneksi internet. T-1 adalah koneksi telepon yang besarnya data mencapai 1.544 Mbps. T-1 line terdiri dari 24 individu channel, kecapatan mencapai 64 Kbits per secon. Pada setiap channelnya 64 Kbit/secn dapat dikonfigurasi membawa suara atau data. Ini dikenal sebagai akses fractional T-1.

8. T-3 Lines

Ini sebagai pendukung transfer data yang mencapai 43 Mbps yang terdiri dari 672 channel. T-3 lines ini seringkali dipakai ISP agar terhubung dengan backbone Internet.

9. Satellite

Internet over Satellite (IoS) menyediakan akses i-net via satelit yang telah mengorbit pada bumi. Satelit ini ditempatkan pada titik statis permukaan bumi, posisinya tetap. IoS ini koneksinya lebih lambat dibanding menggunakan kabel tembaga ataupun fiber optik.

Demikian pembahasan macam-macam koneksi internet yang ada di Indonesia. Semoga dapat memberikan gambaran kepada Anda untuk memilih koneksi mana yang sebaiknya digunakan. Dari macam-macam koneksi internet tersebut, beberapa orang atau lembaga lebih memilih yang menggunakan fiber optik karena bisa di upgride tingkat kecepatannya.
Rating: 4.5