Miung.com

Senin, 09 Maret 2015

Membuat Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan. Seperti yang anda tahu bahwa tidak semua orang bisa membuat kerajinan tangan yang menghasilkan barang yang bagus. Pada saat ini banyak sekali kerajinan tangan yang dapat kita temui. Bahan untuk membuat kerajinan tangan itupun beraneka ragam, ada yang dari kertas, sedotan, bamboo, tanah liat, botol, kardus, dan masih banyak lagi bahan – bahan yang bisa dijadikan kerajinan. Bahan – bahan seperti tersebut diatas dapat disulap menjadi sebuah barang yang cantik dan memnpunyai nilai seni jika diolah oleh orang yang mempunyai kreatifitas.

Kali ini saya akan membahas tentang membuat kerajinan tangan bunga mawar yang terbuat dari bahan dasar kertas. Kertas yang digunakan untuk membuat bunga mawar kali ini adalah kertas krep. Anda pasti tahu kan apa itu kertas krep? Kertas krep sering dipakai buat menghias ruangan pada saat akan diadakan pesta, seperti pesta ulang tahun, pesta pertunangan, pesta perkawinan, dan juga bisa digunakan untuk menghias kelas pada saat ada kegiatan lomba kebersihan kelas. Kertas krep memiliki warna yang cantik dan juga warna yang variatif, selain itu kertas krep juga lebih mudah untuk dibentuk jika dibandingkan dengan kertas bentuk lain.

Bahan yang diperlukan untuk membuat kerajinan tangan bunga mawar ini adalah kertas krep. Kertas krep adalah bahan paling utama yang dibutuhkan dalam pembuatan kerajinan bunga maawar, sedangkan bahan – bahan lain yang bersifat melengkapi adalah pita untuk menghias bagian batang, lem untuk merekatkan bunga agar lebih kuat, kawat untuk dijadikan sebagai batang, kertas karton yang hijau untuk dijadikan sebagi kelopak, dan juga gunting untuk membantu dalam proses potong memotong.

Cara membuat kerajinan tangan bunga mawar yaitu dengan cara membuat sebuah pola yang berbentuk seperti daun hati untuk bagian sebelah kiri, sedangkan untuk bagian kanan anda harus membuat pola seperti daun biasanya. Kelopak daun hati gunakan untuk bagian yang luar, sedangkan untuk daun biasa letakkan pada bagian dalam. Gunting lah masing – masing dati bentuknya. Agar hasil yang didapat lebih seragam paada saat menggunting dilakukan secara berumpuk. Kemudian tarik menggunakan kedua tangan lakukan secara berhati – hati dan secara pelan, supaya tidak ada yang sobek di bagian tengahnya. Pada setiap ujung diatas kelopak dibuat keriting menggunakan pen sebagai alat bantu. Pada bagian bawah kelopak beri lem kertas. Tempelkan bagian kelopak yang sudah dilem pada kawat sambil ditekan supaya kelopak dapat merekat pada kawat. Lakukan hingga terbentuk sebuah bunga mawar. Untuk hasil lebih cantik anda dapat melilitkan pita pada kawat atau tangkai bunga mawar. Langkah yang terakhir adalah membuat mahkota dan menempelkannya pada bagian kelopak, letakkan pas dibagian bawah kelopak.
Rating: 4.5