Miung.com

Kamis, 19 Maret 2015

Obat Alami untuk Penyakit Asma

Penyakit asma adalah salah satu penyakit yang menyerang organ pernafasan. Penderita asma mengalami kesulitan bernafas secara tiba-tiba. Penyakit asma disebabkan oleh lingkungan kotor dan udara yang tercemar, terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung zat kimia, cuaca dingin. Asma juga disebabkan oleh faktor keturunan.

Penyakit asma memang tidak dapat disembuhkan secara total, tetapi dapat diminimalisir agar tidak semakin parah dan tidak sering kambuh.

Asma dapat diobati dengan obat-obat medis yang dibeli di apotek maupun dengan obat alami atau obet herbal yang dibuat sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang diperoleh di lingkungan sekitar kita.Obat alami penyakit asma mempunyai kelebihan yaitu tanpa memberikan efek samping dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan obat.

Obat alami untuk penyakit asma, diantaranya :
1. Gambir
Gambir berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit asma. Ambil gambir sebesar biji salak, kemudian seduh dengan air panas. Minumlah air seduhan gambir tersebut setiap pagi selama satu bulan.

2. Kencur

Kencur yang dicampur dengan madu dan telur ayam kampung berkhasiat mengobati asma. Cara membuat ramuan ini cukup mudah. Cuci kencur hingga bersih, kemudian diparut dan diperas. Air perasan kencur dikocok dengan madu asli dan telur aya kampung. Diamkan sebentar ramuan ini sebelum diminum oleh penderita asma.

3. Daun sirih
Daun sirih yang dicampur dengan lada putih dan minyak kayu putih berkhasiat mengobati asma. Caranya haluskan 7 lembar daun sirih dan 1 sendok teh lada putih, setelah halus tambahkan minyak kayu putih secukupnya dan oleskan pada bagian dada dan leher penderita asma sebagai obat luar.

4. Daun randu kapuk
Daun randu kapuk yang dicampur dengan madu asli berkhasiat mengobati asma. Cara membuat ramuan ini haluskan 6 lembar daun randu kapuk yang masih muda. Seduh daun randu kapuk yang sudah dihaluskan dengan secangkir air panas. kemudian tambahkan madu asli. Saring ramuan tersebut dan diminum dua kali sehari oleh penderita asma dengan dosis dua sendok makan sekali minum.

5. Bawang putih
Bawang putih yang dicampur dengan madu asli berkhasiat mengobati penyakit asma akut. Caranya ambil 10 siug bawang putih cuci bersih, dikupas kenudian diiris tipis-tipis, rebus irisan bawang putih dengan dua gelas air. Tunggu hingga hanya menyisakan ¼ gelas air saja. Dinginkan air rebusan bawang putih kemudian disaring dan tambahkan 1 sendok madu asli sebelum diminum. Selain itu anda juga dapat membuat sup dengan bumbu bawang putih dan minum air sup ketika masih hangat.

6. Daun tanjung muda dan kayu cendana
Daun tanjung muda yang dicampur dengan kayu cendana dapat menghilangkan sesak nafas pada penderita asma
. Caranya keringkan satu genggam daun tanjung muda dan jadikan serbuk. Campurkan serbuk daun tanjung muda dengan 2 sendok makan kikisan kayu cendana. Serbukan ini dihisap oleh penderita asma.
Demikianlah sekilas tentang obat penyakit asma alami, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5