Miung.com

Selasa, 03 Maret 2015

Penyakit Asma Menular atau Tidak

Apakah penyakit asma dapat menular? pertanyaan itu selalu muncul dibenak kita ketika kita berada di dekat orang yang menderita asma. Penyakit asma ialah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan bernafas akibat menyempitnya saluran pernafasan bagian atas. Penyakit asma juga disebabkan oleh lendir yang menyumbat saluran pernafasan. Umumnya penderita penyakit asma akan terlihat seperti orang sehat, ini karena penyakit asma hanya menyerang atau kambuh secara tiba-tiba pada saat penderitanya mengalami kelelahan. Baik kelelahan fisik maupun kelelahan psikis. Selain itu kambuhnya penyakit asma juga disebabkan penderitanya menghirup udara yang tercemar oleh asap rokok. Asap pabrik ataupun asap kendaraan bermotor. Pada saat kambuh penderita asma mengalami sesak nafas secara tiba-tiba, biasanya hal ini ditangani dengan memberikan inhaler pada penderita asma sehingga penderita asma dapat bernafas dengan normal lagi.

Asma bukanlah suatu penyakit yang ditularkan melalui kontak fisik ataupun makanan dan minuman. Jadi anda tidak perlu cemas dan takut tertular asma ketika bersentuhan fisik atau mengkonsumsi makanan dan minuman yang diberikan oleh penderita asma. Anda juga tidak perlu menjauhi penderita asma karena takut tertular.

Penyakit asma ditularkan melalui gen yang diwariskan oleh penderita asma kepada keturunannya. Jika orangtua atau keluarga anda mempunyai riwayat asma maupun penyakit saluran pernafasan lainnya seperti sinusitis, bronkitis, maka kemungkinan besar anda juga akan mengidap asma. Oleh sebab itu jangan heran jika ada balita ataupun anak-anak yang mengidap asma karena asma diturunkan oleh orangtua mereka.

Polusi udara, debu ataupun bulu binatang bukanlah media yang menularkan penyakit asma, tetapi dapat memicu terjadinya penyakit saluran pernafasan termasuk asma. Orang yang memelihara binatang berbulu seperti anjing, kucing maupun unggas dan burung lebih beresiko mengidap asma daripada orang yang tidak memeliharanya. Orang yang hidup pada daerah yang bersuhu dingin maupun lingkungan yang lembab, hidup pada daerah kota industri dan kota-kota besar lebih beresiko mengidap asma daripada mereka yang hidup di pedesaan yang udaranya sejuk dan lingkungannya bersih.

Asma merupakan penyakit kronis yang tidak dapat sembuh secara total dan dapat menyebabkan kematian. Asma hanya dapat diminimalisir agar tidak semakin parah dan tidak sering kambuh. Meminimalisir penyakit asma dilakukan dengan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter, mengkonsumsi obat-obatan asma baik obat medis maupun obat herbal, dan menghindari hal-hal yang memicu kambuhnya penyakit asma. Asma dipicu oleh asap yang menyebabkan polusi udara, cuaca yang dingin, aktivitas fisik yang menyebabkan kelelahan, pikiran yang cemas, rasa takut dan stress.

Bagi anda yang masih sehat sangat disarankan agar anda menjauhi hal-hal yang memicu penyakit asma agar anda juga terhindar dari penyakit asma.

Demikianlah sedikit penjelasan seputar penyakit asma, semoga bermanfaat.

Rating: 4.5