Miung.com

Sabtu, 07 Maret 2015

Penyebab Penyakit Asma

Asma merupakan salah satu penyakit kronis yang menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Hampir 50% anak-anak yang terserang asma akan tetap menderita asma hingga ia dewasa. Asma ialah penyakit yang menyerang saluran pernafasan. Orang yang menderita asma mengalami kesulitan bernafas secara tiba-tiba.

Penyebab asma belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami asma dan menyebabkan asma semakin parah. Secara umum faktor penyebab asma dibedakan menjadi dua macam, yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar

Faktor penyebab asma dari dalam :
1. Faktor keturunan
Penyakit asma merupakan salahsatu jenis penyakit genetik yang diturunkan. Apabila anda mempunyai riwayat keluarga yang menderita asma maka kemungkinan besar anda juga akan menderita asma.

Faktor penyebab asma dari luar
1. Lingkungan
Lingkungan yang kotor karena banyak asap rokok maupun asap kendaraan bermotor, debu, bulu-bulu binatang dapat memicu terjadinya penyakit asma. Bagi anda yang sudah mengidap penyakit asma sebaiknya menghindari tempat yang banyak bulu binatang dan udaranya tercemar. Sebaiknya anak-anak juga dijauhkan dari lingkungan yang banyak asap dan dilarang bermain binatang berbulu seperti kucing, anjing, burung maupun boneka yang banyak bulunya. Orang yang hidup di daerah perkotaan
lebih beresiko mengidap asma daripada orang yang hidup di pedesaan karena udara diperkotaan sudah tercemar.

2. Udara dingin
Udara dingin merupakan salahsatu faktor yang memicu penyakit asma. Ruangan berAC dan mengendarai kendaraan bermotor dimalam hari dapat memicu datangnya penyakit asma

3. Makanan dan minuman
Makanan dan minuman yang banyak mengandung bahan-bahan kimia dapat memicu datangnya penyakit asma. Selain itu terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman dingin juga dapat memicu asma. Penderita asma disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yan banyak mengandung zat penyedap seperti MSG.

Penyakit asma tidak dapat disembuhkan secara normal, oleh karena itu sebaiknya anda mengenali gejala-gejala asma sehingga anda dapat mengurangi resiko menderita asma yang semakin parah :

Gejala penyakit asma :
1. Mengalami batuk yang tak kunjung sembuh biasanya pada malam hari
2. Mengalami kesulitan bernafas
3. Mengi atau muncul suara pada saat anak bernafas
4. Dada terlihat naik turun saat bernafas
5. Nafasnya pendek dan cepat
6. Terlihat lesu, sering batuk-batuk pada saat anak beraktivitas

Gejala yang menunjukkan penyakit asma semakin parah, diantaranya :
1. Mangalami nafas yang terengah-engah sehingga menjadi terbata-bata ketika berbicara
2. Tersengal-sengal ketika bernafas
3. Perut mengempis hingga ke bawah tulang rusuk
4. Alat bantu pernafasan tidak dapat membantu mengatasi kesulitan bernafas
Apabila kerabat anda menunjukkan salah satu dari ke empat gejala di atas segeralah bawa anda ke rumah sakit terdekat agar segera mendapat pertolongan.

Demikianlah sekilas tentang penyebab penyakit asma, semoga bermanfaat.

Rating: 4.5