Miung.com

Rabu, 25 Maret 2015

Tips Kesehatan Anak

Tips kesehatan anak. Masalah kesehatan pada anak pada zaman sekarang mengalami peningkatan yang drastis. Oleh sebab itu sangat penting bagi para orang tua untuk senantiasa menjaga kesehatan buah hati anda semaksimal mungkin. Pada umumnya penyakit kolesterol, diabetes ataupun darah tinggi sering diderita oleh orang tua. Tetapi sekarang banyak anak-anak yang sudah terkena penyakit seperti itu.
Hal itu sdisebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Selin itu juga pengetahuan orang tua tentang kesehatan anak masih kurang sehingga banyak dari orang tua yang baru memberikan kontribusi kesehatan pada anak dimasa yang mendatang.

Saat ini aktifitas anak yang berhubungan dengan fisik cenderung mengalami penurunan. Karena mereka banyak menghabiskan waktu mereka untuk menonton televisi, ngegame, mainan computer dan lain-lain. Mereka lebih senang melakukan aktivitas seperti itu dibandingkan dengan melakukan aktifitas diluar rumah. Kurangnya aktivitas yang berhubungan dengan fisik dan adanya pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan seorang anak terjangkit penyakit obesitas. Berawal dari obesitas bisa menyebabkan penyakit serius yang lainnya seperti diabetes, jantung dan lain-lain. Sudah merupakan tanggung jawab bagi orang tua untuk mengajari anak akan pentingnya memiliki tubuh yang sehat. Dan orang tua juga wajib mengetahui tentang tips kesehatan anak.

tiga tips kesehatan anak yang perlu diperhatikan oleh orang tua untuk menjaga kesehatan buah hati anda adalah pola makan sehat, olahraga yang teratur, dan istirahat yang cukup. Kebiasaan yang anda ajarkan pada buah hati sejak kecil akan terus terjaga sampai anak beranjak dewasa. Itulah pentingnya bagi orang tua untuk mengajarkan tips menjaga kesehatan.

Untuk mengajarkan tips kesehatan anak, anda tidak perlu memaksakan anak untuk melakukan kebiasan tersebut secara langsung. Melainkan anda dapat melakukannya dengan cara memberikan arahan atau memberikan contoh pada anak anda, karena anak-anak akan cenderung lebih senang untuk meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

Tips kesehatan anak yang pertama adalah mengatur pola makan yang sehat. Biasakan pada anak untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran, buah, daging, dan lain-lain. Hidangkan makanan empat sehat lima sempurna untuk membantu buah hati membiasakan diri hidup sehat. Untuk menunjang pertumbuhan anak berikan makanan yang bergizi. Tips yang kedua adalah mengajari anak berolahraga. Olah raga sangat penting bagi kesehatan karena bisa membakar lemak yang terkandung dalam tubuh sehingga tubuh akan sehat. Tips yang terakhir adalah istirahat yang cukup. Seorang anak membutuhkan waktu istirahat kira-kira 9 sampai 13 jam. Oleh karena itu jadwalkan waktu istirahat anak dengan benar sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka. Dengan istirahat yang cukup, akan membuat anak tidak gampang sakit.

Selain ketiga factor diatas, orang tua juga harus memberikan penjelasan tentang tips kesehatan anak secara lebih umum, misalkan menjaga kebersihan, senantiasa mencuci tangan menggunakan sabun, menggosok gigi minimal dua kali sehari, dan lain-lain.
Rating: 4.5