Miung.com

Kamis, 05 Maret 2015

Tips kesehatan gigi dan mulut

Tips kesehatan gigi dan mulut, kesehatan pada gigi dan mulut adalah hal yang mesti diutamakan. Karena gigi dan mulut merupakan salah satu bagian yang penting dalam yang terdapat pada tubuh kita. Apabila anda mengalami yang namanya sakit gigi maka hal itu dapat berpengaruh juga terhadap kesehatan anda. Mengingat fungsi gigi adalah untuk mengunyah makanan yang dijadikan sebagai sumber energy bagi tubuh kita. Maka dari itu apabila anda mengalami sakit gigi maka anda tidak bisa menggunakan gigi anda untuk mengunyah makanan sehingga tidak ada sumber energi yang masuk ke dalam tubuh kita karena gigi kita sakit.

Banyak orang sering melakukan kegiatan yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada gigi dan mulut anda. Mereka akan menyadari hal tersebut ketika sudah mengalami yang namanya sakit gigi. Padahal sebenarnya untuk menjaga kesehatan gigi anda tidak hanya membutuhkan perawatan sajaakan tetapi juga dengan cara memberikan perhatian kepada gigi. Beberapa tips kesehatan gigi dan mulut yang dapat anda lakukan untuk mencegah sakit gigi adalah dengan cara tidak melakukan kegiatan buruk yang bisa merusak gigi. Kegiatan buruk yang dapat merusak gigi antara lain adalah merokok, tembakau yang terkandung dalam setiap rokok yang anda hisap sangat berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut anda. Karena hal tersebut dapat membuat mulut anda menjadi kering dan menimbulkan terjadinya plak pada gigi anda. Tindik lidah, bagi anda pecinta tindik pada lidah anda, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasan tersebut, karena memakai tindikan pada lidah anda akan membuat tindikan tersebut bergesekan dengan gigi anda sehingga menyebabkan keretakan pada gigi. . Mengunyah es batu, banyak orang yang memiliki kebiasaan mengunyah es. Mungkin mengunyah es batu adalah hal yang biasa tetapi dampak buruk yang terjadi pada gigi sangat berbahaya, karena hal tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang.

Masalah gigi berlubang adalah masalah yang sering banget kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Gigi berlubang sangat sering terjadi pada anak-anak, karena anak-anak sering memakan makanan yang tidak sehat. Namun banyak pula orang dewasa yang mengalami hal yang sama. Berikut adalah beberapa tips kesehatan gigi dan mulut untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.
· Kurangi makanan yang mengandung banyak gula
Gula adalah sesuatu yang mudah melekat pada gigi. Apabila gula melekat pada gigi dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, karena mengandung caramel dan caramel dapat mengundang bakteri yang dapat merusak gigi

· Gosok gigi secara teratur
Cara yang paling umum untuk mencegah gigi berlubang adalah dengan cara menggosok gigi secara teratur. Dengan memiliki kebiasaan menggosok gigi secara teratur dapat mengurangi terjadinya gigi berlubang.

· Kurangi memakan makanan lengket
Makanan yang lengket seperti biscuit, roti dan makanan lainnya akan meninggalkan sisa makanan pada gigi. Karena sulitnya sisa makanan untuk dicerna oleh air mengakibatkan sisa makanan tersebut mengundang bakteri. Bakteri tersebut akan menyerang gigi.

· Biasakan berkumur dengan obat kumur
Perawatan pada gigi dengan cara menyikat gigi dirasa kurang sempurna dalam menjaga kebersihan gigi. Untuk dapat lebih membersihkan bagian gigi anda, anda dapat menggunakan obat kumur. Anda dapat mencegah gigi berlubang dengan menggunakan obat kumur dan berkumur setelah anda menggosok gigi anda.

· Konsultasi ke dokter setiap enam bulan sekali
Konsultasikan kesehatan gigi anda pada dokter secara rutin setiap enam bulan sekali juga merupakan salah satu tips kesehetan gigi dan mulut yang harus dilakukan secara teratur.
Rating: 4.5