Miung.com

Kamis, 02 April 2015

Kerajinan Tangan Indonesia

Kerajinan tangan Indonesia. Kreatifitas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sangat lah bagus, hal ini dibuktikan dengan banyak nya jenis kerajinan tangan yang dihasilkan dari berbagai macam daerah yang ada di Indonesia. Hasil kerajinan yang di produksi oleh masyarakat banyak yang telah dipasarkan di Negara tetangga. Banyak warga- warga asing yang menyukai hasil kerajinan tangan bangsa Indonesia. Ada beberapa jenis hasil kreasi warga Indonesia yang dipasarkan di Negara- Negara tetangga seperti, kerajinan dalam bidang fashion, kerajinan tangan, dan juga hasil kerajinan dalam bidang tekhnologi informatika. Hasil kerajinan tekhnologi informatika merupakan salah satu kerajinan yang paling banyak di ekspor di Negara tetangga seperti, eropa dan juga ada juga yang diekspor ke amerika. Selain kerajinan informatika, kerajinan tangan warga Indonesia juga banyak diminati oleh Negara tetangga.

Banyak kerajinan tangan yang dihasilkan oleh masyarakat. Salah satu contoh kerajinan tangan Indonesia adalah kain tenun dan kain batik. Kain batik banyak dihasilkan oleh masyarakat jogja. Kerajinan tangan Indonesia lainnya yang diproduksi oleh masyarakat jogja adalah asbak. Hasil produksi asbak yang di hasilkan oleh masyarakat jogja sangat bagus jika dijadikan sebagi souvenir
pernikahan atau souvenir saat anda jalan- jalan ke jogja. Asbak yang diproduksi oleh masyarakat jogja dibuat dengan berbagai macam model yang lucu dan juga unik.

Kerajinan tangan Indonesia yang paling khas adalah kerajinan handi craft. Handi craft adalah jenis kerajinan yang dibuat dengan menggunakan tangan. handi craft memiliki banyak banget jenis dan modelnya. Kerajinan ini dibuat dengan menggunakan banbu, kayu, dan ada juga yang menggunakan serat yang dihasilkan dari beberapa tumbuhan. Dalam pembuatan handi craft diperlukan beberapa tehnik, sehingga bisa menghasilkan barang- barang yang bermodel menarik dan memiliki nilai artistic. Hasil kerajinan handi craft dari kayu adalah gantungan kunci, meja, kursi, tempat tidur, meja rias, dudukan lampu, dan masih banyak lagi kerajinan yang lainnya. Selain kayu serat dari eceng gondok juga bisa digunakan untuk membuat handi craft seperti tas, dompet, kursi, dan lain-lain. Untuk membuat handi craft dengan eceng gondok, anda harus menjemur eceng gondok tersebut sampai menghasilkan seratnya. Serat dari eceng gondok tersebut yang kemmudian di olah dan dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan tangan.

Jenis tumbuhan lain yang seratnya bisa dibuat kerajinan adalah serat pohon nanas. Serat nanas merupakan bahan dasar pembuatan kerajinan yang sangat ramah lingkungan, seperti serat eceng gondok. Serat nanas sering digunakan untuk membuat berbagai macam jenis tas, dompet, tali temali, dan lainnya. Nah, itu adalah hanya sebagian kecil contoh kerajinan tangan Indonesia. Masih banyak lagi jenis kerajinan tangan yang ada di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat.
Rating: 4.5