Miung.com

Senin, 06 April 2015

Perawatan Rambut Rontok

Perawatan rambut rontok. Rambut rontok sering kali terjadi, ketika terjadi kerontokan pada rambut hal itu akan menyebabkan terjadinya penipisan atau bahkan kebotakan pada kepala anda. Hal seperti tu sangat tidak diinginkan bagi manusia baik itu laki -laki atau pun perempuan, sebab jika kepala anda mengalami kebotakan bisa mengurangi nilai penampilan anda. Tidak jarang kita temui para penderita rambut rontok di dunia ini, bahkan hampir setiap tahunnya jumlah dari penderita kerontokan rambut bertambah. Kerontokan yang terjadi pada rambut merupakan salah satu bentuk dari kerusakan rambut, terjadinya kerusakan rambut sering diakibatkan karena adanya kesalahan dalam merawat atau bahkan rambut dibiarkan begitu saja tanpa dirawat. Rambut rontok, bisa menimpa pada siapa saja, baik itu anak kecil, orang dewasa dan bisa juga menimpa orang tua.

Sebelum dibahas tentang perawatan rambut rontok, terlebih dahulu anda harus tau tentang penyebab terjadinya rambut rontok. Ada beberapa faktor penyebab yang bisa mengakibatkan terjadinya kerontokan rambut, diantaranya adalah :
· Faktor makanan, makanan adalah salah satu faktor pemicu terjadinya rambut rontok, sebab makanan yang banyak mengandung minyak dan juga makanan pedas bisa menyebabkan rambut menjadi rontok selain itu juga bisa memicu timbulnya ketombe. Sebab kandungan minyak yang berlebih tidak bagus untuk kesehatan tubuh dan kesehatan rambut
· Faktor penggunaan alat rambut, kesalahan penggunaan peralatan rambut juga bisa menyebabkan kerontokan rambut, seperti salah memilih sisir, salah dalam menggunakan hairdryer, dan salah memilih cat rambut yang sesuai dengan jenis kulit kepala.
· Faktor obat-obatan, bahan kimia yang banyak dikandung didalam obat banyak memiliki
efek samping yang sangat berbahaya, salah satu dari efek samping pada obat-obatan kimia adalah menyebabkan rambut menjadi rontok. Akan tetapi jika rambut anda rontok karena mengkonsumsi obat, hal itu akan berhenti pada saat anda berhenti mengkonsumsinya.
· Faktor hamil, adanya telogen effluvium pada ibu hamil bisa mengakibatkan kerontokan rambut.

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang besar bagi setiap orang yang mengalaminya, oleh sebab itu banyak orang yang melakukan berbagai jenis perawatan rambut agar terhindar dari kerontokan. Setelah kita mengetahui beberapa factor penyebab terjadinya rambut rontok, sekarang kita belajar tentang perawatan bagi rambut rontok. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk merawat rambut yang rontok, diantaranya adalah :
· Merawat rambut dengan menggunakan bahan alami
· Mencuci atau mengkeramas rambut secara rutin, minimal dua kali dalam satu minggu
· Creambath dengan rutin baik itu dirumah ataupun disalon
· Memberikan nutrisi yang cukup pada rambut
· Menggunakan produk perawatan rambut yang cocok, yang bisa menghentikan terjadinya kerontokan.

Perawatan rambut rontok juga bisa dilakukan dengan menggunakan air. Air yang telah didinginkan terbukti bisa mengatasi masalah kerontokan rambut. anda bisa mencoba cara yang satu ini untuk mengatasi rambut yang rontok dirumah, caranya dalah sebagai berikut :
· Masukan air kedalam wadah yang cukup besar, dan diamkan air itu didalam wadah selama semalam
· Setelah air didiamkan selama semalam, ambillah air tersebut kemudian siramkan keseluruh bagian kepala hingga kulit kepala, siramkan hingga rata sambil dipijat secara halus, diamkan sampai kurang lebih 30 menit, setelah itu baru gunakan sampo.
Selain menggunakan air anda juga bisa menggunakan kemiri, ambil beberapa kemiri lalu disangrai setelah itu tumbuk kemiri hingga halus, lalu peras dengan menggunakan kain yang berbahan katun hingga mengeluarkan minyak, setelah itu baru gosokan kain itu ke seluruh bagian kepala secara merata, diamkan hingga beberapa menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan treatment ini secara rutin setiap satu minggu sekali.

Rating: 4.5