Miung.com

Sabtu, 18 April 2015

Tips kesehatan mata

Tips kesehatan mata. Didalam tubuh manusia terdapat beberapa organ yang penting, salah satu diantara organ-organ tersebut adalah mata. Mengapa mata dikatakan organ penting ? Karena mata merupakan indera penglihatan, mata yang membuat kita bisa melihat indahnya dunia. Bayangkan jika mata kita tidak bisa melihat, kita tidak bisa melihat indahnya dunia, bahkan dunia terasa gelap saat kita tidak bisa melihat. Oleh karena itu kesehatan mata kita harus senantiasa dijaga agar tidak terkena penyakit yang berbahaya. Banyak sekali macam-macam penyakit mata yang bisa menyerang mata anda apabila anda tidak menjaganya. Contoh penyakit mata miopi hal itu disebabkan karena terlalu sering bermain game, membaca buku, bermain computer, nonton televisi, dan lain-lain.

Berbicara tentang penyakit mata, ada beberapa jenis penyakit mata yang sudah sangat sering kita dengar adalah rabun jauh, rabun dekat, miopi, presbiopi, hipermetropi, katarak. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk melindungi mata anda agar mata anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Berikut adalah beberapa tips kesehatan mata yang bisa anda lakukan.

Tips kesehatan mata yang pertama harus aanda lakukan adalah mengetahui riwayat kesehatan mata keluarga, apakah didalam keluarga anda ada yang menderita penyakit mata karena keturunan. Karena apabila ada salah satu keluarga yang memiliki penyakit mata keturunan maka tidak menutup kemungkinan anda juga akan terserang penyakit mata. Langkah yang kedua adalah menjaga jarak pandang mata. Jarak pandang yang bagus ketika anda sedang melakukan aktifitas seperti nonto televisi, bermain computer adalah 50 hingga 100 cm. hal ini berbeda dengan jarak pandang ketika anda sedang membaca buku, jarak pandang yang bagus untuk membaca buku adalah 30 cm. hal ini bertujuan untuk menjaga mata anda agar terhindar dari penyakit miopi. Jangan paksakan mata anda untuk belama-lama melihat computer, membaca buku, dan menononton televisi, karena dapat menyebabkan mata menjadi terasa sakit. Ada baiknya anda istirahatkan dulu sejenak aktivitas anda dari depan computer ataupun buku agar mata bisa beristirahat.

Hal lain yang berkaitan dengan tips kesehatan mata adalah menghindari kebiasaan mengucek mata. Mengucek mata yang gatal dapat menyebabkan iritasi pada mata anda. Oleh karena itu jangan terlalu sering mengucek mata anda, apalagi jika tangan anda dalam keadaan kotor. Pakailah kaca mata pada saat anda sedang melakukan berbagai aktivitas. Sudah banyak kaca mata yang didesain khusus untuk berbagai kegiatan seperti berenang dan sebagainya. Kaca mata berfungsi untuk melindungi mata anda dari debu yang mengakibatkan iritasi.

Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin A dan beta karoten yang bisa meenjaga mata agar tetap sehat. Tips kesehatan mata yang paling utama adalah memeriksakan mata anda ke dokter spesialis secara rutin agar dapat terdeksi lebih dini jika ada gangguan pada mata anda. Itu adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata anda. Semoga bermanfaat.
Rating: 4.5