Miung.com

Rabu, 15 Juli 2015

Bahan Dan Cara Membuat Bakso

Bahan dan cara membuat bakso – Bakso adalah sejenis makanan yang terbuat dari daging maupun dari ikan. Bakso biasanya berbentuk bulat dan rasanya yang khas membuat bakso menjadi salah satu jenis makanan favorit pada saat ini. Bisa anda perhatikan pada saat ini banyak sekali pedagang pedagang bakso baik dijalanan maupun pedagang bakso yang berjualan secara keliling. Dan hampir semua pedagang bakso tersebut dapat menghabiskan dagangannya setiap harinya, jadi bisa dikatakan bahwa bakso adalah makanan favorit pada saat ini, terutama bagi anak muda. Banyak sekali anak anak muda yang menggemari makanan yang satu ini, dan bahkan ada juga anak muda yang hampir setiap malamnya memakan bakso.

Makan bakso memang tidak akan pernah ada puasnya, sebab bakso memiliki rasa yang sangat nikmat terlebih jika dinikmati pada saat malam hari dimana cuaca sedang dalam keadaan dingin. Waaoooow mantap sekali pastinya. Namun, jika anda harus merogeh uang anda tiap malam untuk membeli bakso lama kelamaan akan menghabiskan uang tabungan anda. Pasti anda tidak ingin begitu bukan? Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengatasi dengan cara membuat bakso itu sendiri. Dengan cara begitu pasti anda akan bisa lebih berhemat dan yang paling penting anda masih terus dapat memakan makanan favorit anda yaitu bakso.

Bahan untuk membuat bakso

Sebelum anda memutuskan untuk membuat bakso sendiri, tentunya anda harus tahu bukan bahan apa saja yang harus anda siapkan untuk membuat bakso supaya rasanya tidak kalah enak dengan bakso bakso yang dijual di pinggir pinggir jalan. Di sini saya akan berbagi informasi seputar bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso. Bahan untuk membuat bakso adalah sebagai berikut :

Tepung sagu atau juka tidak ada tepung sagu anda dapat menggantinya dengan tepung kanji

Daging sapi. Namun jika anda tidak suka dengan daging sapi anda dapat menggantinya dengan menggunakan daging ayam ataupun daging ikan yag telah dilunakan.

Bawang putih

Air es

Merica

Garam

Telur

Cara membuat bakso

Jika diatas telah dijelaskan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso. Sekarang saya kasih tahu cara membuat bakso. Cara untuk membuat bakso adalah sebagai berikut :

Langkah pertama anda harus menggiling daging yang sudah disiapkan

Tumbuk bawang putih, merica dan juga garam yang telah disediakan

Campurkan daging yang telah dihaluskan dengan bumbu yang telah ditumbuk aduk hingga semua bahan tercampur, tambahkan telur dan juga air es yang telah disediakan kemudian aduk lagi hingga merata

Setelah semua tercampur dengan rata anda dapat merebus air pada panci dan tunggu sampai airnya benar benar mendidih. Jika air telah mendidih matikan apinya

Kemudian ambillah adonan bakso yang telah jadi dan bentuklah sesuai dengan selera anda. Bakso yang telah dibentuk dapat anda masukan pada rebusan air yang telah mendidih tadi. Lakukan hal ini sampai adonan habis

Setelah itu anda dapat menyalakan api kembali dan rebus bakso tersebut sampai mengapung.

Jika bakso sudah mengapung tandanya bakso telah masak dan dapat segera dihidangkan. Hidangkan bakso dengan kuah dan juga mie serta beri tambahan bawang merah goreng, saus, sambel dan juga kecap.
Rating: 4.5