Miung.com

Kamis, 09 Juli 2015

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih

Cara budidaya jamur tiram putih – Anda sekalian pastinya sudah tahu bukan bahwa Negara kita ini memiliki iklim tropis. Daerah yang memiliki iklim tropis adalah daerah yang paling pas untuk budidaya jamur khususnya jamur tiram yang memiliki warna putih. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi informasi tentang cara budidaya jamur tiram putih, sebab jamur tiram tersebut lah yang paling cocok untuk di budidayakan di daerah kita ini. Untuk melakukan budidaya jamur tiram putih ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, karena untuk memulai budidaya jamur yang satu ini cukup murah sebab prosesnya dapat dilakukan secara bertahap.

Bagi anda yang ingin memulai usaha untuk membudidaya jamur tiram ini, anda tidak perlu takut jika anda tidak bisa, sebab budidaya jamur tiram tidaklah sulit, mungkin anda hanya akan mengalami kesulitan pada saat anda membuat baglog, namun banyak orang yang mengalami kegagalan dalam membudidayakan jamur tiram putih ini, hal ini banyak di sebabkan karena mereka tidak tahu bagaimana cara untuk membudidayakan jamur tiram putih tersebut. Nah, bagi anda yang ingin mencoba untuk membudidayakan jamur tiram putih anda dapat membaca postingan ini untuk membantu anda sebab disini akan dijelaskan cara budidaya jamur tiram putih.

Jamur tiram putih

Jamur tiram memiliki nama latin pleurotus streatus. Jenis jamur tiram putih ini masuk pada kelompok basisiomycota. Jamur

yang satu ini sering disebut sebagai jamur tiram karena memiliki bentuk yang tajuknya mirip seperti kulit tiram. Jamur tiram putih ini memiliki bentuk setengah lingkaran. Habitat dari jamur tiram putih adalah dialam bebas.

Jenis jamur yang satu ini bisa anda temukan di beberapa batang kayu yang telah lapuk. Jamur tiram putih memiliki warna krem keputih putihan dan berdiameter 3 sampai 15 cm. jamur yang satu ini mempunyai miselium dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sehingga banyak orang yang ingin membudidayakan jamur tiram putih ini. Dibawah akan diulas cara budidaya jamur tiram putih.

Cara budidaya jamur tiram putih

Budidaya jamur tiram putih memang sangat menguntungkan karena jamur tiram putih memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Maka dari itu banyak orang yang ingin membudidayakan jamur ini. Namun banyak orang yang gagal dalam membudidayakan jamur yang satu ini karena banyak dari mereka yang tidak tahu cara untuk budidaya jamur tiram putih ini. Ada beberapa cara tertentu untuk membudidayakan jamur tiram, berikut adalah beberapa cara budidaya jamur tiram putih :

Membuat kumbung. Kumbung adalah tempat yang digunakan untuk merawat baglog dan juga untuk menumbuhkan jamur. Kumbung biasanya terbuat dari kayu atau bambu. Kumbung yang dibuat untuk budidaya jamur berupa sebuah bangunan yang terdiri atas beberapa rak rakan guna meletakan baglog.

Membuat baglog. Baglog adalah media tanam atau tempat untuk meletakan bibit dari jamur tiran tersebut. Baglog biasanya dibuat dari serbukan gergaji kayu yang dibungkus dengan plastik berbentuk silinder dan dalah datu ujungnya dikasih lubang sebagai tempat tumbuhnya jamur sehingga dapat muncul keluar. Baglog baglog tersebut harus dirawat setiap hari sampai pada saat jamur dipanen.
Rating: 4.5