Miung.com

Kamis, 03 September 2015

Jenis Jenis Narkoba Serta Bahaya Dan Dampaknya

Jenis jenis narkoba serta bahaya dan dampaknya - Narkoba adalah sebuah singkatan dari narkotika dan obat obat berbahaya. Menurut terminologinya narkoba itu sangat familiar digunakan oleh para aparat penegak hukum seperti polisi dan juga termasuk Badan Narkotika Nasional atau BNN, dan para petugas Pemasyarakatan yang lainnya. Selain istilah narkoba, ada juga sebutan lain untuk menunjuk pada zat tersebut yaitu Napza. Napza merupakan Narkotika, Psikotropika dan juga Zat Adiktif. Istilah napza ini biasanya banyak digunakan oleh para ahli kesehatan dan juga rehabilitasi. Namun sebetulnya inti pemaknaan dari kedua istilah itu sama.

Narkoba itu sebetulnya adalah obat legal yang banyak digunakan pada dunia kedokteran, akan tetapu pada zaman yang dewasa ini banyak orang yang menyalahgunakan penggunaan narkoba tersebut. Bahkan saat ini tidak sedikit dari kalangan muda yang telah mengkonsumsi narkoba dengan alasan untuk mendapatkan sebuah kesenangan batin, tapi sayangnya banyak pula dari mereka yang belum mengetahuai bahaya dari narkoba tersebut. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya ingin mengulas tentang jenis jenis narkoba serta bahaya dan juga dampak dari penggunaan narkoba itu.

Jenis jenis narkoba dan bahayanya

Jenis jenis narkoba dan bahayanya. Ada banyak sekali jenis jenis narkoba dan obat obatan yang terlarang ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Morpin. Morpin adalah jenis obat zat aktif yang berasal dari candu dengan sebuah pengolahan secara kimia. Cara untuk menggunakan morpin adalaah dengan disuntikan ke dalam tubuh
  2. Opium atau lebih terkenalnya adalah opiate. Opium ini merupakan candu yang masih kasar atau mentah yang berasal dari getah buah papaver samniterum yang dapat digunakan dengan cara dihisap atau digoreskan. 
  3. Codeina adalah sebuah garam turunan dari opium dan juga candu. Efek dari codein ini jauh lebih lemah dari pada heroin. Potensi dapat menimbulkan ketergantungan juga lebih rendah. Cara penggunaan codeine adalah dengan ditelan dan disuntikkan. Sebab biasanya codeine berbentuk pil. 
  4. Heroin. Heroin jenis obat yang memiliki kekuatan dua kali lebih besar dari morfin. Heroin dapat menyebabkan mengantuk dan juga menyebabkan terjadinya perubahan mood menjadi tidak menentu.
Setelah anda tahu tentang jenis jenis narkoba, anda juga harus tahu tentang bahaya narkoba. Apa bahaya dari narkoba itu? berikut adalah beberapa contoh bahaya dari penggunaan narkoba :
  1. Menyebabkan terjadinya penurunan atau perubahan kesadaran.
  2. Menghilangkan rasa. 
  3. Mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri. 
  4. Menyebabkan ketergantungan atau adiktif atau kecanduan.

Jenis jenis narkoba dan dampaknya

Pada uraian diatas sudah saya berikan beberapa contoh jenis narkoba, berikut ini adalah beberapa contoh yang lainnya dari jenis jenis narkoba dan dampaknya :  
  1. Ganja. Dampak dari ganja adalah dapat menurunkan motivasi dan tubuh susah untuk dikendalikan, terjadi peristiwa depresi dan juga paranoid, terjadi gangguan persepsi dan juga gangguan berpikir yaitu sulit untuk konsentrasi
  2. Ekstasi, dampaknya adalah terjadi kerusakan pada ginjal, hati serta otak, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya kehilangan ingatan pada waktu yang cukup lama, selain itu bisa menggigil, berkeringat dan juga muntah, tubuh tidak mampu berpikir, melihat dan juga menyelaraskan fungsi dari tubuh 
  3. Kokain, dampaknya adalah dapat memicu terjadinya serangan jantung, stroke dan juga gagal ginjal, serta bisa menyebabkan terjadinya perilaku yang agresif, gemetar secara berlebihan, pandangan menjadi kabur, dan bisa berhalusinasi.
Rating: 4.5