Miung.com

Rabu, 16 September 2015

Manfaat Kunyit Kuning Dan Putih

Manfaat kunyit kuning dan putih – Kunyit adalah jenis tanaman yang biasanya digunakan sebagai pelengkap untuk bumbu masak, namun selain itu kunyit juga sering digunakan sebagai obat tradisional, khususnya di jawa. Banyak orang jawa yang menyebut kunyit ini dengan istilah kunir. Kunir alias kunyit ini ada dua macam yaitu kunyit kuning dan kunyit putih. 
Anda mungkin sudah sering melihat kunyit di kehidupan sehari hari, terlebih kunyit kuning. Kunyit kuning sering kali digunakan oleh orang jawa untuk melengkapi bumbu masakannya. Kunyit baik kunyit kuning ataupun kunyit putih itu sebetulnya sama sama memiliki manfaat yang penting bagi kita semua. Apa manfaat kunyit kuning dan kunyit putih tersebut? Itulah yang akan saya bahas pada postingan kali ini.

Manfaat kunyit kuning

Kunyit atau kunir ini dikenal dengan istilah curcumin. Kunyit ini memiliki rasa yang pahit dan juga hangat. Kunyit kuning ini seringkali digunakan sebagai penambah rasa ataupun sebagai pewarna untuk bubuk kari, mustard, keju, dan lain lain. Kunyit kuning sering digunakan sebagai pewarna karena kunyit ini dapat menambahkan warna kuning yang cantik dan alami tentunya sehingga akan aman jika digunakan untuk member warna makanan pada makanan jenis apapun.

Manfaat kunyit kuning itu sendiri dapat digunakan untuk mengobati ataupun mengurangi penyakit seperti hepatitis, fibromyalgia , diare, masalah hati serta masalah kantong empedu, sakit kepala, infeksi mata, nyeri, masalah haid, kurap, masalah kulit, memar, penyakit alzheimer, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu kunir kuning juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bau badan. Dengan menggunakan salep kunyit itu bisa membantu dalam menghilangkan bau serta menghilangkan rasa gatal gatal yang diakibatkan karena terjangkit penyakit kanker kulit. Kurkumin yang terkandung didalam kunyit dipercaya bisa digunakan untuk membantu mengurangi adanya gejala penyakit rheumatoid arthritis. Selain itu juga dapat untuk meringankan gejala penyakit osteoarthritis seperti rasa sakit dan juga peradangan. Selain kunyit kuning, kunyit putih juga memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Langsung saja kita lihat yuk.

Manfaat kunyit putih

Manfaat kunyit putih salah satunya adalah untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Kunyit putih memiliki sifat antineoplastik atau dengan kata yang lebih sederhananya adalah kandungan yang ada di dalam kunyit putih itu dapat membantu merusak ribosom pada sel kanker atau istilah lainnya adalah dapat menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Bagian yang sering kali dimanfaatkan pada proses pengobatan ini yaitu bagian rimpang dan juga bagian daunnya. Kunyit putih juga mengandung zat anti oksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan pada asam deoksiribo nukleat, ini merupakan salah satu dari sekian banyak senyawa yang telah menyusun Gen, selain itu juga dapat untuk menahan zat radikal bebas yaitu salah satu zat yang dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker dan dapat meningkatkan sel darah merah.
Rating: 4.5