Miung.com

Senin, 28 September 2015

Pengertian Ham Dan Konstitusi Menurut Para Ahli

Pengertian ham dan konstitusi menurut para ahli – Bicara masalah ham dan konstitusi. Apakah pengertian dari kedua istilah tersebut? Anda pastinya sudah sering kan mendengar istilah ham dan juga konstitusi? Namun apakah anda juga sudah tahu pengertian dari keduanya? 
Nah, jika anda belum tahu pengertian dari ke dua istilah tersebut, maka yang harus anda lakukan saat ini adalah menyimak penjelasan saya berikut ini mengenai pengertian ham dan juga pengertian konstitusi. Yuk langsung saja kita simak penjelasannya tersebut.

Pengertian ham menurut para ahli

Setiap diri manusia itu memiliki hak asasi sebagai manusia yang dimulai dari sejak ia terlahir ke dunia ini. Hak tersebut adalah sesuatu hal yang menjadi pokok maupun menjadi dasar bagi setiap masing masing individu tersebut. Hak itu bisa saja diartikan sebagai sebuah kekuasaan dalam melakukan segala sesuatu ataupun segala kepunyaan atau milik. Sedangkan asasi itu sendiri merupakan salah satu hal yang paling utama, atau paling dasar dan paling pokok. Jadi, hak asasi manusia itu bisa diartikan sebagai suatu kepunyaan atau milik yang sifatnya itu adalah pokok serta melekat pada setiap insan yang hidup sebagai sebuah anugerah yang telah diberikan oleh Allah SWT. Namun, ada banyak para ahli yang mendefinisikan ham tersebut secara berbeda beda, untuk itu supaya lebih jelasnya yuk kita simak uraian tentang pengertian ham menurut para ahli berikut ini :
  1. Haar Tilar, menurut beliau HAM adalah hak hak yang sudah melekat pada setiap insan sehingga tanpa adanya hak hak itu maka insan tersebut tidak bisa hidup di dunia selayaknya manusia biasa. Ham atau hak asasi manusia itu didapatkan sejak manusia itu lahir ke dunia.
  2. Prof. Koentjoro Poerbopranoto, Menurut beliau HAM adalah suatu hak yang memiliki sifat mendasar alias asasi. Hak hak yang sudah dimiliki oleh setiap manusia berdasarkan dari kodratnya dan pada dasarnya hak itu tidak akan bisa untuk dipisahkan sehingga hak bersifat suci. 
  3. John Locke, menurut beliau HAM merupakan hak hak yang secara langsung telah diberikan oleh Tuhan kepada setiap manusia sebagai sebuah hak yang sifatnya kodrati. Oleh sebab itu, tidak ada salah satu kekuatan apapun yang ada di dunia ini yang bisa untuk mencabutnya. HAM memiliki sifat yang fundamental alias mendasar untuk kehidupan setiap manusia dan hakikatnya hak ini sangat suci.

Pengertian konstitusi menurut para ahli

Pada keterangan diatas telah disebutkan beberapa definisi tentang pengertian ham menurut para ahli, nah berikut ini adalah pengertian konstitusi menurut para ahli diantaranya adalah :
  1. Chairul Anwar. Beliau berpendapat bahwa konstitusi itu merupakan fundamental laws yang mengenai pemerintahan pada suatu negara dengan sebuah nilai nilai fundamentalnya.
  2. Cart J. Friedrich. Beliau berpendapat bahwa konstitusi adalah kumpulan dari kegiatan yang sudah dibuat oleh serta atas nama rakyat, namun dikenakan pembatasan dan juga berharap bisa untuk menjamin bahwasannya kekuasaan yang dibutuhkan pemerintahan itu tidak bisa untuk disalahgunakan oleh pihak pihak yang mendapatkan tugas untuk memerintah.
Rating: 4.5