Miung.com

Kamis, 24 September 2015

Pengertian Narkoba Psikotropika Menurut Para Ahli

Pengertian narkoba psikotropika menurut para ahli – Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian narkoba dan juga pengertian psikotropika. Narkoba apa yang telintas dalam fikiran anda saat anda mendengar istilah narkoba? Barang haram dan terlarang. Ya betul narkoba adalah barang yang terlarang dan juga haram. 
Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata narkoba, sebab akhir akhir ini sangat sering terdengar kasus kasus narkoba yang menyeret beberapa orang ternama. Dan saya harapkan anda bukan termasuk orang yang senang mengkonsumsi narkoba. Hmmm, gak usah panjang lebar lagi langsung saja yuk kita cari tahu apa itu pengertian narkoba menurut para ahli dan pengertian psikotropika.

pengertian narkoba menurut para ahli

Pengertian narkoba menurut para ahli, sebelum kita membahas pengertian menurut para ahli kita bahas dulu pengertian secara umum. Secara umum narkoba adalah sebuah zat yang bisa memicu terjadinya perubahan pada suasana, perasaan, pengamatan ataupun pada penglihatan seseorang yang mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung didalamnya itu dapat mempengaruhi pada susunan syaraf. Berikut ini adalah beberapa pengertian narkoba menurut para ahli, diantaranya adalah :
  1. Menurut Kurniawan pada tahun 2008, beliau berpendapat bahwa narkoba merupakan suatu zat kimia yang bisa untuk mengubah suatu keadaan psikologi misalnya adalah perasaan, pikiran, suasana hati serta perilaku jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan lain sebagainya.
  2. Menurut Jackobus pada tahun 2005, beliau berpendapat bahwa narkoba adalah suatu zat atau obat obatan yang asalnya dari tanaman dan ada juga yang bukan dari tanaman, baik itu bersifat sintetis ataupun semi sintetis yang bisa menyebabkan terjadinya penurunan ataupun perubahan tingkat kesadaran, yaitu hilangnya rasa dan obat yang satu ini bisa menyebabkan ketergantungan. 
  3. Menurut Ghoodse pada tahun 2002, beliau berpendapat jika narkoba itu merupakan suatu zat kimia yang sebetulnya sangat dibutuhkan untuk tindakan perawatan kesehatan, pada saat zat tersebut masuk dalam organ tubuh akan terjadi perubahan satu ataupun lebih pada fungsi yang ada didalam tubuh. kemudian dilanjut dengan adanya ketergantungan baik secara fisik ataupun secara psikis pada setiap tubuh yang menggunakannya, sehingga jika zat itu dihentikan maka akan membuat para pengkonsumsiannya mendapat gangguan baik secara fisik ataupun psikis.

Pengertian psikotropika

Jika diatas telah dijelaskan tentang pengertian narkoba menurut para ahli, sekarang saya jelaskan tentang pengertian psikotropika. Psikotropika yaitu suatu zat ataupun obat, baik yang sifatnya alamiah ataupun yang sifatnya sintetik, psikotropika itu bukan narkotika namun memiliki khasiat psikoaktif terhadap pengaruh selektif yang terjadi pada susunan syaraf pusat yang mengakibatkan terjadinya perubahan khas pada suatu aktivitas baik mental ataupun perilakunya. Psikotropika dapat dibagi menjadi buah golongan jika dilihat menurut tujuan penggunaan dan juga tingkatan risiko ketergantungannya.
Rating: 4.5