Miung.com

Rabu, 30 September 2015

Zat Adiktif Dan Psikotropika

Zat adiktif dan psikotropika – Kali ini saya akan membahas seputar zat adiktif dan juga psikotropika. Anda mungkin sudah pernah mendengar ke dua zat tersebut ditelivisi televisi. Tahukah anda apakah itu zat adiktif dan psikotropika? Jika anda belum tahu tentang ke dua zat tersebut, anda bisa mencari tahunya melalui postingan artikel yang satu ini. Sebab, disini akan saya ulas tentang ke dua buah zat tersebut. Untuk itu tanpa harus panjang lebar, langsung saja yuk kita simak penjelasannya tentang ke dua buah zat yang dimaksud tersebut.

Pengertian zat adiktif

Pengertian zat adiktif adalah suatu bahan ataupun zat yang bisa menimbulkan terjadinya kecanduan atau ketergantungan untuk setiap orang yang memakainya. Contoh zat adiktif adalah sebagai berikut :
  1. Inhalan. Inhalan merupakan suatu zat yang bahan bahan nya itu terdiri dari larutan larutan yang mudah untuk menguap seperti, lem, pengharum ruangan, dan aerosol selain itu juga gas nitrous oksida atau gas tertawa, propane, helium, butana, anestesi atau pembius. Zat inhalan ini memiliki bau yang sangat menyengat tajam serta uapnya juga bisa masuk ke paru paru, dan bisa menjalar ke seluruh jaringan saraf otak.
  2. Nikotin yang biasanya terkandung dalam rokok. rokok terbuat dari bahan daun tembakau yang sudah dikeringkan. Tembakau itu sendiri mengandung racun alkohol yang disebut nikotin. Kandungan nikotin dalam tembakau berkisar antara 2% sampai dengan 6%. Nikotin itu menyerupai minyak yang memiliki rasa pahit, warna nikotin pada udara adalah cokelat. Kecanduan nikotin dapat merangsang syaraf pusat serta syaraf tepi hal ini dapat untuk memacu kinerja kelenjar sehingga akan menguncupkan usus pada kelenjar darah. 
  3. Kafein biasanya terdapat pada kopi dan teh. Kopi dan juga teh banyak mengandung zat kimia yang masuk dalam golongan stimulan, yaitu kafein. Kafein ini berkhasiat untuk menstimulasikan susunan syaraf pusat dan efeknya adalah dapat menghilangkan rasa letih, lapar, serta rasa mengantuk. Kafein ini sendiri dapat untuk meningkatkan daya konsentrasi serta suasana jiwa pada yang mengkonsumsinya.

Pengertian zat psikotropika

Pengertian zat psikotropika adalah suatu bahan ataupun zat baik yang sifatnya alami ataupun sifatnya buatan yang bukan termasuk jenis narkotika yang memiliki khasiat psikoaktif terhadap susunan saraf pusat. Yang dimaksud berkhasiat psikoaktif yaitu zat yang memiliki sifat untuk mempengaruhi otak dan juga perilaku sehingga dapat menyebabkan terjadinya perubahan pada sebuah aktivitas mental dan juga perilaku setiap pemakainnya. Psikotropika digolongkan menjadi empat golongan yaitu:
  1. Golongan I , golongan ini memiliki potensi yang paling kuat untuk menyebabkan terjadinya ketergantungan yang paling kuat dan golongan ini telah dinyatakan sebagai suatu bahan yang terlarang.
  2. Golongan II , golongan ini memiliki potensi yang kuat dan menyebabkan sindrom ketergantungan tingkat yang ke II. 
  3. Golongan III , golongan ini memiliki potensi yang dapat menyebabkan sindrom ketergantungan pada tingkat ke III. 
  4. Golongan IV , golongan ini memiliki potensi untuk meyebabkan sindrom ketergantungan tingkat ke IV.
Rating: 4.5