Miung.com

Sabtu, 10 Oktober 2015

Hubungan Dasar Negara Dengan Konstitusi

Hubungan dasar negara dengan konstitusi – Saat ini saya akan bicara tentang konstitusi dan hubungan dasar Negara. Saya akan membahas tentang hubungan dasar Negara dengan konstitusi. Tahukah anda apa hubungan dasar Negara dengan konstitusi? Jika anda belum tahu, anda wajib untuk membaca artikel yang satu ini. Namun sebelum saya bahas tentang hubungan dasar Negara dengan konstitusi, saya akan bahas hulu tentang pengertian dasar negara dan pengertian konstitusi. Penjelasannya ada di bawah ini.

Pengertian dasar Negara dan konstitusi

Pengertian dasar Negara dan konstitusi, sebelum dibahas lebih lanjut tentang hubungan dasar Negara dan konstitusi, saya jelaskan dulu mengenai pengertian dari ke dua istilah tersebut. Istilah dasar negara itu asalnya dari dua buah kata yaitu kata dasar dan kata negara. Kata dasar artinya adalah suatu landasan atau disebut juga suatu foundamental. Adapun kata negara artinya adalah sebuah organisasi yang memiliki kekuasaan dan didalamnya harus terdiri dari rakyat, wilayah, serta pemerintahan yang berdaulatan. Jadi dapat disimpulkan jika istilah dasar Negara itu dapat diartikan sebagai pancasila khusus untuk warga Negara Indonesia. Hal ini seperti pada yang telah tertera pada undang undang tahun 1945.

Pengertian konstitusi, kontitusi alias undang undang dasar Negara adalah suatu peraturan yang ada di dalam sebuah negara yang didalamnya memuat suatu ketentuan ketentuan yang pokok dan menjadi sebuah sumber dari adanya peraturan perundang undangan yang lainnya yang ada di bawahnya.Istilah dari konstitusi itu sendiri sebetulnya sudah dikenal dari zaman Yunani kuno, namun istilah yang dipakai itu berbeda, pada zaman yunani kuno dikenal dengan istilah politeia namun, kedua istilah tersebut sebetulnya memiliki arti sama. konstitusi itu sendiri ada dua macam yaitu konstitusi tertulis dan konstitusi yang tidak tertulis. Nah, jika anda sudah tahu tentang pengertian dasar Negara dan juga pengertian konstitusi, sekarang saya lanjutkan dengan membahas tentang hubungan dasar Negara dengan konstitusi sesuai dengan tema artikel saya saat ini.

Hubungan dasar Negara dengan konstitusi

Hubungan dasar Negara dengan konstitusi alias keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi negara itu sudag sangat nampak pada sebuah gagasan dasar, sebuah cita cita, dan juga sebuah tujuan negara yang telah tertuang pada pembukaan ataupun Mukadimah yang tertera pada Undang Undang Dasar negara. Dari sebuah dasar negara tersebutlah kemudian kehidupan suatu negara tersebut menjadi dituangkan ke dalam bentuk peraturan dalam perundang undangan yang sudah diatur dan juga sudah diwujudkan.

Salah satu bentuk dari perwujudan perundang undangan yang telah mengatur serta menyelenggarakan suatu kehidupan pada ketatanegaraan sebuah negara yaitu dalam sebuah bentuk konstitusi ataupun sebuah Undang Undang Dasar. Hubungan dari dasar negara dan juga konstitusi itu adalah sebagai berikut :
  • Dasar negara merupakan sebuah pandangan negara yang mengenai negara.Ajaran ajaran tentang dasar Negara ini dikenal dengan istilah idiologi.
  • Idiologi yaitu sebuah nilai nilai dasar atau nilai dari hasil konsesus, yg ingin untuk diwujudkan pada sebuah negara tersebut.
Idiologi itu sendiri pada umumnya berbentuk sebagai suatu gagasan gagasan. Gagasan yang terdapat pada ideology itu sendiri mempunyai dua buah sifat pokok yaitu :
  • Gagasan yang ada didalam idiologi yang memiliki sifat sistematis. Gagasan yang bersifat sistemmatis ini dapat berfungsi alias dapat untuk dipergunakan oleh setiap penganutnya untuk dijadikan sebuah pedoman dalam sebuah kehidupan negara. 
  • Yang kedua adalah gagasan dasar alias gagasan umum. Gagasan ini membutuhkan adanya penjabaran supaya gagasan ini dapat untuk dilaksanakan dalam sebuah negara. Jadi konstitusi itu berisi tentang sebuah penjabaran dari dasar negara dalam hal ini termasuk juga tentang warganegara serta tentang pembatasan dari kekuasaan pada pemerintahannya.
Rating: 4.5