Miung.com

Senin, 12 Oktober 2015

Jelaskan Pengertian Dasar Negara Dan Konstitusi

Jelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi – Kali ini saya masih akan membahas tentang dasar Negara dan juga konstitusi. Jika pada kesempatan yang lalu saya posting tentang hubungan konstitusi dengan dasar Negara. Pada kesempatan ini saya posting tentang pengertian dasar Negara dan konstitusi. Tahukah anda apa itu dasar Negara dan apa itu konstitusi? Semua akan saya jelaskan pada uraian yang ada di bawah ini, untuk itu dari pada membuang buang waktu langsung saja yuk kita simak penjelasnnya dibawah ini.

Jelaskan pengertian dasar Negara

Apabila ada sebuah pertanyaan jelaskan pengertian dasar Negara, apakah anda bisa untuk menjawab sebuah pertanyaan tersebut? Sebelum saya menjelsakan tentang pengertian dasar Negara, yang saya tanyakan adalah sudah pernahkah anda mendengar kata dasar Negara tersebut? Kata dasar Negara mungkin masih awam untuk anak kecil yang masih duduk di kelas satu sekolah dasar, namun untuk kalian yang sudah duduk di sekolah menengah istilah dasar Negara ini seharusnya sudah bukan menjadi sebuah istilah yang awam.

Jika anda sudah duduk di sekolah menengah pasti setidaknya anda sudah pernah mendengar istilah tersebut meskipun anda belum tahu persis pengertian dari dasar Negara tersebut. Terlepas dari permasalahan anda duduk dikelas berapa dan sekolah apa kita lupakan saja, karena saya akan membahas tentang pengertian dasar Negara sekaligus pengertian konstitusi agar anda dapat menjawab pertanyaan tersebut diatas.

Pengertian dasar Negara dan konstitusi

Pengertian dasar Negara dan konstitusi, saya jelaskan dulu tentang pengertian dasar Negara. Menurut Ensiklopedia Indonesia, istilah dasar itu memiliki arti asal bagian pertama. Istilah dasar tersebut juga sering sekali digunakan dalam sebuah arti: pengertian yang telah menjadi pokok atau induk dari suatu pikiran pikiran yang lain atau substrat. Istilah dasar itu sendiri jika digabungkan dengan istilah negara menjadi satu istilah yaitu dasar Negara. 
Pengertian dasar Negara itu adalah sebuah pedoman yang mengatur adanya kehidupan dan juga penyelenggaraan tentang ketatanegaraan suatu negara yang didalamnya telah mencakup adanya berbagai aspek kehidupan. Dasar Negara bagi seluruh bangsa Indonesia adalah pancasila. Hal ini sesuai dengan yang sudah tertera atau tertulis di dalam pembukaan undang undang dasar tahun 1945. 
Pengertian dari konstitusi itu sendiri adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa negara Prancis yang artinya adalah menetapkan, atau menentukan, ataupun membentuk. Konstitusi memiliki bagian bagian ataupun organ organ dan masing masing itu memiliki suatu kedudukan serta fungsinya itu sendiri sendiri. Organ alias badan itu menjadi sebuah rangkaian kerja sama yang bersifat harmonis. Konstitusi dalam arti yang luas itu mencakup segala jenis ketentuan yang memiliki hubungan erat dengan keorganisasian suatu negara, baik itu yang tertulis pada undang undang dasar ataupun yang tertulis pada peraturan perundang undangan yang lainnya.
Rating: 4.5