Miung.com

Jumat, 30 Oktober 2015

Pengertian, Macam Macam, Tujuan Dan Fungsi Konstitusi

Pengertian, macam macam, tujuan dan fungsi konstitusi – Saat ini saya akan membahas tentang konstitusi. Sudah tahukah anda apa itu konstitusi? Jika anda pernah sekolah setidaknya disekolah anda mendapat pelajaran tentang pendidikan pancasila dan kewarnagaraan atau jaman dahulu lebih dikenal dengan pelajaran PPKN. 
 
Pada pelajaran pendidikan pancasila atau PPKN tersebut, setidaknya pernah terdengar istilah konstitusi. Namun, jika anda belum mengetahui tentang konstitusi tersebut, anda tidak perlu khawatir. Dengan membaca artikel yang satu ini, maka anda akan mengetahui tentang pengertian konstitusi, macam macam konstitusi, tujuan konstitusi dan juga fungsi kontitusi, untuk itu langsung saja yuk kita simak bareng bareng penjelasannya.

Pengertian dan macam macam konstitusi

Saya akan bahas tentang pengertian dan macam macam konstitusi terlebih dahulu. pengertian konstitusi adalah Suatu dokumen ataupun suatu naskah yang didalamnya terdapat tentang adanya peraturan peraturan yang akan mengatur dan juga mengikat pada penyelenggaraan dalam ketatanegaraan pada suatu Negara secara keseluruhan. Sedangkan secara etimologi, konstitusi adalah suatu dasar susunan badan yang akan mengatur tentang semua peraturan peraturan yang ada di Negara secara keseluruhan. Pengertian konstitusi itu sendiri dapat ditinjau dari dua arah yaitu pengertian konstitusi secara luas dan pengertian secara sempit.

Konstitusi dapat dibagi atas beberapa macam atau jenis. Baik itu dilihat secara umum ataupun jika dilihat berdasarkan dari pendapat beberapa orang ahli. Apa sajakah macam macam konstitusi tersebut? Berikut jawaban tentang macam macam konstitusi. Macam macam konstitusi diantaranya adalah :
  1. Konstitusi tertulis. Konstitusi tertulis itu adalah sebuah peraturan yang ada pada suatu Negara yang dituliskan atau dituangkan ke dalam bentuk dokumen dokumen tertentu alias dokumentary constitution or writen constitution.
  2. Konstitusi yang tidak tertulis. Konstitusi yang tidak tertulis adalah sebuah peraturan yang tidak diterangkan atau tidak dituangkan serta dituliskan pada suatu dokumen dokumen yang akan disimpan dalam sebuah ketatanegaraan pada suatu Negara tertentu
Nah, setelah anda mengetahui tentang pengertian dan juga macam macam konstitusi tersebut, selanjutnya akan saya bahas tentang tujuan dan juga fungsi dari konstitusi. Apa sajakah tujuan dan fungsi konstitusi? Berikut jawabannya.

Tujuan dan fungsi konstitusi

Tujuan dan fungsi konstitusi. Tujuan dari pada adanya atau dibuatnya konstitusi itu sendiri ada beberapa tujuan, namun jika diklasifikasikan atau di ringkas tujuan dari pada dibuatnya konstitussi itu ada tiga. Tujuannya adalah sebagai berikut : 
  • Pertama, Konstitusi dibuat dengan suatu tujuan agar dapat untuk memberikan suatu pembatasan dan sekaligus suatu pengawasan terhadap setiap kekuasaan politik
  • Kedua, Konstitusi dibuat dengan tujuan untuk dapat melepaskan suatu kontrol tentang kekuasaan dari setiap penguasaan sendiri 
  • Ketiga, Konstitusi dibuat dengan tujuan untuk dapat memberikan suatu batasan batasan tentang ketetapan untuk semua penguasa pada saat ia sedang menjalankan kekuasaannya.
Konstitusi juga memiliki beberapa buah fungsi yang ikut berperan aktif. Fungsi konstitusi adalah sebagai berikut :
  • Fungsi konstitusi untuk membatasi suatu kekuasaan pada pemerintah supaya tidak akan terjadi sebuah kesewenang wenangan oleh pemerintah supaya warga tetap mendapatkan hak haknya sebagai warga Negara dan yang paling penting adalah hak haknya tersebut akan selalu terlindungi.
  • Fungsi konstitusi adalah sebagai sebuah piagam atas kelahiran suatu negara 
  • Fungsi konstitusi yaitu untuk dijadikan sumber hukum yang tertinggi 
  • Fungsi konstitusi yaitu untuk dijadikan alat yang akan membatasi sebuah kekuasaan 
  • Fungsi konstitusi untuk dijadikan sebagai sebuah identitas secara nasional dan sekaligus sebagai lambang suatu negara
Rating: 4.5