Miung.com

Jumat, 11 Desember 2015

Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Cara mengatasi anak hiperaktif – Pernahkah anda mendengar istilah hiperaktif? Istilah hiperaktif ini biasanya lebih condong ditujukan pada anak anak. Banyak orang yang sering menyebut istilah anak hiperaktif. Apa yang ada di benak anda saat anda mendengar istilah anak hiperaktif? Jika anda belum tahu apa itu hiperaktif yang sesungguhnya, pasti yang ada di benak anda adalah bahwa anak yang hiperaktif itu merupakan anak yang bandel, nakal, dan susah diatur.

Hmmm, anak hiperaktif itu sebetulnya merupakan seorang anak yang mengalami kelainan yang disebabkan karena adanya gangguan dari attemtion deficit hyperactive disorder atau singkatannya adalah ADHD. Seorang anak yang terserang penyakit hiperaktif ini dapat kita lihat tanda tandanya. Seorang anak yang hiperaktif biasanya ditandai dengan adanya perilaku pada anak yang sangat agresif, perilaku anak yang terlalu aktif dan susah untuk dikendalikan, anak susah untuk berkonsentrasi, tempertantrum, dan biasanya anak anak hiperaktif itu selalu mencari cari perhatian dari orang lain, istilah saat ininya adalah caper atau cari perhatian. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi tips tentang cara mengatasi anak hiperaktif.

Mengatasi anak hiperaktif

Banyak orang tua yang memiliki anak hiperaktif, dan kebanyakan dari mereka untuk mengatasi anak hiperaktif ini lebih condong untuk dibawa ke dokter ataupun ke psikolog. Hal ini dimaksudkan agar dapat membantu anak dalam megendalikan sikapnya. Namun, tidak semua orang tua yang memilih jalan ini bisa untuk mengatasi anak hiperaktif tersebut. Jika memang cara ini belum bisa untuk mengatasinya, biasanya mereka memilih jalan yang kedua yaitu dengan cara memberikan obat obatan khusus untuk anak hiperaktif yang tentunya hal ini disesuaikan dengan resep yang diberikan oleh dokter.

Kedua cara tersebut adalah cara yang paling sering dilakukan oleh para orang tua yang memiliki anak hiperaktif. Sebetulnya, untuk mengatasi anak hiperaktif itu bisa dilakukan oleh ke dua orang tuanya sendiri di rumah, dan cara mengatasi anak hiperaktif yang dilakukan oleh orang tuanya sendiri itu akan jauh lebih aman, dan tingkat keberhasilannya juga akan jauh lebih besar dari pada yang harus dibawa ke psikolog ataupun yang diberikan obat obatan. Di bawah ini, akan saya bagikan tips cara mengatasi anak hiperaktif yang lainnya. Simak terus penjelasannya ya.

Cara mengatasi anak hiperaktif

Cara mengatasi anak hiperaktif itu bisa dilakukan oleh ke dua orang tuanya di rumah, seperti yang sudah saya katakana diatas. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi anak hiperaktif, dan diantaranya adalah :
  • Jika anda, memiliki anak yang hiperaktif. Maka ada baiknya jika anda mau menerima anak itu apa adanya dan berusaha untuk memperlakukannya sebaik mungkin. Pahamilah keadaan anak, dengan begitu anak akan segera tumbuh menjadi anak yang normal seperti anak anak yang lainnya
  • Berikan aturan yang tegas. Meskipun anda harus memahami anak anda dan berusaha untuk memperlakukan sebaik mungkin, tapi anda juga harus bisa memberikan aturan yang tegas pada anak, hal ini guna membantu anak merubah sikapnya menjadi tidak hiper lagi. Tentunya harus dilakukan dengan cara yang halus 
  • Kembangkanlah komunikasi yang positif dengan anak agar anak dapat untuk bersosialisasi dengan baik dilingkungan, dan masih banyak lagi cara yang lainnya
Rating: 4.5