Miung.com

Sabtu, 05 Desember 2015

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara mengatasi anak susah makan – Masa anak anak adalah sebuah masa pertumbuhan. Masa dimana anak anak akan tumbuh menjadi besar dan dewasa. Setiap masa pertumbuhan pada anak anak harus diimbangi dengan vitamin dan gizi yang cukup untuk anak. Vitamin dan gizi untuk membantu pertumbuhan pada anak biasanya ada pada makanan yang harus anak makan. Namun, terkadang banyak anak yang mengalami susah makan.

Kondisi seperti ini, pada saat ini sudah menjadi pemandangan yang biasa, sebab hampir semua anak pada zama sekarang itu banyak yang mengalami susah makan. Sehingga hal ini membuat banyak orang tua menjadi bingung terlebih seorang ibu. Jika anda mengalami hal demikian anda tidak perlu khawatir, bacalah artikel yang satu ini, di sini saya akan bagikan tips cara mengatasi anak susah makan.

Mengatasi anak susah makan

Mengatasi anak susah makan. Sebelum saya bahas tentang cara mengatasi anak susah makan, saya bahas dulu tentang penyebab yang menjadikan anak menjadi susah makan. Anak menjadi susah makan itu sebetulnya ada penyebabnya. Penyebab yang menyebabkan anak menjadi susah makan diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Kehilangan Selera Makan. Kehilangan selera makan sering kali terjadi pada anak anak terutama pada balita, hal ini akan sangat mempengaruhi anak, sehingga anak akan menjadi sangat susah sekali untuk makan.
  • Tumbuhnya gigi baru. gangguan yang terjadi pada fisik seperti tumbuhnya gigi akan sangat mempengaruhi minat anak untuk makan, karena pada saat seperti ini mulut akan terasa sakit. 
  • Sedang tidak enak badan. Seorang anak yang kondisi badannya sedang kurang sehat akan dapat menurunkan nafsu makannya. Hal ini sudah sering kali terjadi pada anak anak. 
  • Terlalu banyak mengkonsumsi jajan yang gurih gurih. Terlalu banyak mengkonsumsi jajan yang gurih gurih akan membuat nafsu makan anak menjadi berkurang, hal ini karena anak sudah merasakan rasa gurih yang ada pada jajan tersebut, biasanya banyak mengandung micin atau penyedap rasa.
Setelah kita tahu tentang penyebab anak susah makan, berikut saya jelaskan cara mengatasi anak susah makan.

Cara mengatasi anak susah makan

Ada banyak cara mengatasi anak susah makan. Beberapa caranya adalah sebagai berikut :
  • Jadikan kondisi makan itu menyenangkan . anda bisa lakukan pada saat anak sedang bermain baik itu bermain di dalam rumah ataupun bermain di dalam rumah. Hal ini dapat disesuaikan dengan kesenangan anak anda.
  • Buatlah masakan yang menarik. Dengan membuat masakan yang menarik, maka hal itu akan dapat menarik selera makan anak agar segera memakan makanan yang sudah anda masak 
  • Memberikan suplemen penambah nafsu makan juga dapat anda pilih untuk mengatasi anak anda yang sedang susah makan, cara ini adalah cara yang paling sering dipilih oleh orang tua untuk mengatasi anaknya yang sedang susah makan.
Rating: 4.5