Miung.com

Selasa, 15 Desember 2015

Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Dan Bayi

Cara mengatasi batuk pada anak dan bayi – Batuk adalah jenis penyakit yang dapat untuk menyerang siapa saja, termasuk pada bayi dan juga anak anak. Orang tua sering kali merasa cemas jika buah hatinya itu terserang penyakit batuk, entah itu anak anak ataupun yang masih bayi. 
 
Batuk memang jenis penyakit yang cukup mengkhawatirkan, sebab jika kelamaan dibiarkan hal itu akan menyebabkan terkena penyakit TBC. Penyakit TBC adalah salah satu jenis penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian, maka dari itu tidak sedikit dari orang tua yang merasa takut dan cemas ketika buah hatinya tersebut terserang batuk.

Batuk pada anak ataupun bayi itu sebetulnya dapat untuk diatasi sendiri, jika memang batuknya belum terlalu lama atau baru terlihat gejala gejalanya. Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk pada saat buah hatinya tersebut mengalami batuk. Betul begitu bukan? Nah, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara mengatasi batuk pada anak dan bayi. Simak penjelasannya dibawah ini.

Cara mengatasi batuk pada anak

Daya tahan tubuh yang dimiliki oleh seorang anak itu memang masih sangat lemah, maka dari itu kenapa seorang anak anak jauh lebih gampang sakit dari pada orang tua, termasuk batuk. Bagaimana cara mengatasi batuk pada anak? Untuk mengatasi batuk pada anak itu bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, dan cara ini akan jauh lebih aman untuk kesehatan anak anda. caranya adalah sebagai berikut :
  • Berikan madu yang sudah disedu dengan menggunakan air hangat, lalu suruh anak tersebut untuk meminum seduan air madu hangat tersebut
  • Rebus daun blimbing yang masih muda hingga mendidih, kemudian diamkan sejenak hingga air tersebut hangat, setelah hangat suruh anak meminum air rebusan tersebut, lakukan cara ini dengan teratur hingga batuknya mereda 
  • Mengatasi batuk pada anak juga bisa dengan menggunakan perasan air jeruk nipis yang dicampurkan dengan kecap, kemudian diminumkan pada anak
Selain cara tersebut diatas, sebetulnya masih banyak lagi cara yang lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasi batuk pada bayi? Samakah cara nya dengan cara mengatasi batuk pada anak? Berikut penjelannya.

Cara mengatasi batuk pada bayi

Cara mengatasi batuk pada bayi sebetulnya tidak jauh berbeda dengan cara mengatasi batuk pada anak.berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi batuk pada bayi, diantaranya adalah :
  • Dengan menggunakan kunyit. Anda dapat mengoleskan kunyit pada bagian payudara anda, sehingga kunyit tersebut secara tidak langsung akan dihisap oleh bayi ketika ia sedang menyusu. Cara ini adalah cara yang aman untuk kesehatan bayi anda.
  • Dengan mengggunakan madu dan juga jeruk nipis. Anda juga dapat menggunakan madu dan jeruk nipis untuk mengatasi batuk pada bayi, jika bayi anda belum bisa untuk meminumnya secara langsung, anda dapat memberikannya dengan cara menyupinya yaitu dengan menggunakan sendok makan, agar madu dan juga perasan jeruk tersebut masuk ke dalam mulut bayi.
Rating: 4.5