Miung.com

Sabtu, 19 Desember 2015

Cara Mengatasi Cegukan

Cara mengatasi cegukan – Pernahkah anda mengalami cegukan? Jika pernah tentunya anda sudah mengerti betapa tidak nyamannya orang yang sedang cegukan. Maka dari itu banyak orang yang mencari info tentang cara mengatasi cegukan, hal itu disebabkan karena cegukan dapat mengganggu kenyamanan anda seperti yang sudah saya katakana tadi, dan yang lebih parahnya lagi cegukan juga bisa memalukan anda. Cegukan bisa saja memalukan anda atau membuat anda menjadi merasa sangat malu, karena anda tiba tiba mengalami cegukan pada saat saat penting atau pada keramaian. Saat cegukan terjadi maka kondisi dari tenggorokan dan juga otot perut akan menegang.

Mengatasi cegukan

Banyak sekali orang yang belum tahu bagaimana mengatasi cegukan, maka dari itu pada kesempatan ini saya berbagi tips cara mengatasi cegukan. Namun, sebelum saya bahas tentang cara mengatasi cegukan, pengertian cegukan secara medis atau secara ilmu kesehatan. Cegukan secara medis atau secara ilmu kesehatan adalah suatu kontraksi yang dihasilkan dari diafragma akibat terjadi kejang.

Kejang itulah yang bisa menyebabkan terjadinya pita suara pada tenggorokan menjadi menutup pada waktu yang sangat cepat, dan proses penutupan pita suara juga dengan waktu yang cepat pula, dan hal ini bisa menimbulkan keluarnya suara yang muncul dari dalam tenggorokan, yang disebut dengan cegukan. Cegukan pada manusia itu bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan sam siapa saja. Cegukan bisa disebabkan karena beberapa penyebab diantaranya adalah :
  • Terlalu banyak makan dan kurang minum
  • Makan dengan waktu yang tidak wajar atau terlalu cepat 
  • Adanya perubahan suhu udara 
  • Terlalu banyak meminum minuman yang banyak mengandung alkohol 
  • Masuk angin, dan lain lain

Cara mengatasi cegukan

Jika diatas sudah saya jelaskan tentang pengertian cegukan dan juga factor yang menyebabkan terjadinya cegukan, sekarang saya jelaskan tentang cara mengatasi cegukan. Jika anda mengalami cegukan, anda dapat mengatasinya dengan cara sebagai berikut :
  • Bernafas pada kantong plastik atau pada kertas, cara ini dapat menghilangkan cegukan pada seseorang.
  • Dengan menahan nafas, sebab dengan cara seperti ini akan dapat meningkatkan kadar karbondioksida yang ada pada tubuh manusia. 
  • Dengan cara membungkuk 
  • Dengan cara meminum air putih yang masih hangat sampai mulut terpenuhi oleh air 
  • Tarik nafas dan kemudian ditahan sambil menutup hidung dengan jari selama beberapa detik
Beberapa cara diatas dapat anda praktekan pada saat anda mengalami cegukan, sebetulnya masih banyak lagi cara cara yang lain yang dapat digunakan untuk mengatasi cegukan, namun cara yang paling mudah dan sudah banyak diketahui oleh masyrakat adalah cara tersebut yang sudah saya jelaskan diatas. Semoga sedikit informasi yang saya berikan tersebut dapat bermanfaat untuk anda sekalian dan dapat membantu anda dalam mengatasi cegukan. Amiiin
Rating: 4.5