Miung.com

Minggu, 27 Desember 2015

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Cara mengatasi diare pada bayi – Diare adalah salah satu faktor kematian utama yang paling besar untuk bayi. Pernahkah bayi anda mengalami diare? Diare kerap kali menyerang pada bayi, sebab kekebalan tubuh yang di miliki oleh bayi itu tidak sekuat yang dimiliki oleh orang tua ataupun orang dewasa, karena itu bayi lebih rentan terserang penyakit dan salah satunya adalah diare.

Setiap orang tua pasti akan kebingungan ketika anaknya mengalami diare, sebab seperti yang kita ketahui tadi, jika diare pada bayi dapat mengakibatkan kematian. Anda tidak perlu lagi khawatir dan juga cemas ketika anak anda atau bayi anda terserang diare, sebab disini saya akan berbagi tips cara untuk mengatasi diare. Bagaimana caranya? untuk mengetahui bagaimana caranya, maka anda harus menyimak penjelasannya secara seksama.

Mengatasi diare pada bayi

Saat bayi atau anak kita terkena diare itu memang akan membuat kita cemas khawatir dan sebagainya, karena diare itu merupakan salah satu penyebab yang dapat menyebabkan bayi meninggal seperti yang saya katakan diatas. Sebelum saya membahas tentang bagaimana cara untuk mengatasi diare pada bayi, saya jelaskan dulu beberapa hal yang dapat menyebabkan bayi terserang diare. Berikut adalah beberapa penyebab diare pada bayi :
  • Terjadinya diare biasanya disebabkan karena infeksi parasit, virus ataupun bakteri. Hal ini biasanya karena bayi sering memegang barang barang apa saja termasuk barang yang kotor kemudian ia memasukan tanggannya ke dalam mulut, seperti yang kita tahu jika bayi sukanya mengoloh kedua telapak tangannya. Nah, hal inilah yang menyebabkan bai sering terserang virus yang dapat mengakibatkan adanya infeksi.
  • Mengalami keracunan baik keracunan karena makanan ataupun karena susu 
  • Terlalu banyak meminum jus buah. 
  • Ada alergi pada obat obat tertentu. 
  • Memiliki alergi pada makanan.
Ketika anda sudah mengetahui hal hal yang dapat menyebabkan terjadinya diare pada bayi anda, maka dengan demikian anda dapat lebih mengontrol bayi anda agar tidak terserang diare. Hmmm, jika anda sudah mengetahui hal yang dapat menyebabkan diare, maka selanjutnya akan saya bahas tentang cara mengatasi diare pada bayi.

Cara mengatasi diare pada bayi

Untuk mengatasi diare pada bayi anda. anda dapat melakukan beberapa cara. Berikut adalah beberapa cara mengatasi diare pada bayi yang dapat anda lakukan ketika bayi anda terserang diare, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Anda dapat mengatasinya dengan memberikan oralit dengan teratur. Pemberian oralit bisa bersamaan pada saat anda memberikan makanan ataupun pada saat anda memberikan asi, memberikan susu formula ataupun makanan pendamping yang lainnya.
  • Berikan asi secukupnya agar bayi tidak sampai mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. 
  • Langkah yang terakhir, jika diare belum saja sembuh setelah anda melakukan pertolongan pertama, maka langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan cara membawa bayi anda segera ke rumah sakit agar dapat diberikan pertolongan selanjutnya oleh pihak dokter.
Rating: 4.5