Miung.com

Jumat, 08 Januari 2016

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi – Cegukan memang bukan saja bisa dialami oleh orang dewasa saja, melainkan bisa juga dialami oleh anak anak dan juga bayi. Tidak jarang juga kita lihat seorang bayi yang tiba tiba mengalami cegukan pada saat ia sedang di susui oleh ibunya. Dan tidak sedikit pula orang tua yang cemas jika anak bayinya mengalami cegukan. Hmmm, jika anda mau menyempatkan waktu untuk membaca postingan artikel yang satu ini, saya jamin setelah ini anda tidak akan cemas lagi jika suatu saat anak bayi anda mengalami cegukan. Sebab disini saya akan membahas tentang cara mengatasi cegukan pada anak bayi.

Mengatasi cegukan pada bayi

Jika anak bayi anda cegukan itu sebetulnya bisa untuk segera diatasi, bagaimana caranya? sebelum saya membahas tentang cara mengatasi cegukan pada bayi, saya bahas dulu tentang penyebab terjadinya cegukan pada seorang bayi, yang diantaranya meliputi :
  • Adanya tekhnik dalam menyusui yang masih salah. Cara dalam menyusui yang salah bisa menyebabkan anak bayi anda bisa mengalami cegukan, sebab bisa saja jika puting anda tidak masuk semua kedalam mulut seorang bayi. Jika bayi minum susu dengan menggunakan dot bisa jadi jika lubang dot bayi tersebut masih terlalu lebar jadi udara dapat masuk.
  • Adanya penurunan suhu yang sangat ekstrim. Kondisi tubuh yang sangat dingin juga bisa menyebabkan seorang bayi mengalami cegukan. 
  • Bayi mengalami stress. Bayi yang mengalami stress bisa saja mengalami cegukan.
Setelah anda mengethaui hal hal yang dapat menyebabkan cegukan pada bayi, sekarang saya bahas tentang cara untuk mengatasi cegukan pada bayi.

Cara mengatasi cegukan pada bayi

Ada beberapa cara yang dapat orang tua lakukan jika bayi mengalami cegukan. Berikut adalah cara mengatasi cegukan pada bayi yang dapat anda lakukan, diantaranya adalah :
  • Menepuk punggung bayi. Jika bayi anda tiba tiba sajamengalami cegukan, ,maka hal yang paling mudah dan bisa anda lakukan adalah dengan menggendong bayi dengan posisi bayi seperti sedang berdiri, atau letakkan kepala bayi pada bagian pundak anda, setelah itu anda bisa menepuk nepuk bagian punggung bayi tapi dengan catatan tidak terlalu keras namun juga tidak terlalu lembut. Tepuk tepuk sampai bayi bisa bersendawa.
  • Ubah posisi menyusui. Saat anda sedang menyusui bayi, sering sekali udara ikut masuk ke dalam mulut, dan hal itulah yang sering kali menyebabkan seorang bayi mengalami cegukan. Jika bayi anda mengalami cegukan pada saat di susui yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara merubah posisi menyusui sehingga diharappkan jika udara tidak dapat masuk bersamaan dengan ASI. Namun, jika anda sudah merubah posisi tapi bayi anda masih tetap saja cegukan, ada baiknya jika anda segera menghentikan untuk menghindari bayi tersendak
Rating: 4.5