Miung.com

Sabtu, 16 Januari 2016

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Cara mengatasi demam pada bayi - Demam sebetulnya memang bukan suatu jenis penyakit, akan tetapi demam itu merupakan salah satu gejala yang menunjukkan bahwa adanya penyakit di dalam tubuh. Demam memang bisa melanda siapa saja, sebab demam itu tidak memandang siapapun baik itu orang tua, anak anak, ataupun bayi. Yang akan saya bahas pada kesempatan ini adalah demam pada bayi.

Sebagian dari orang tua, terlebih orang tua yang baru memiliki anak pasti akan cemas dan khawatir ketika anak bayinya tersebut mengalami demam. Hmmm, disini yang perlu anda sadari adalah bahwa kecemasan dan kekhawatiran anda tidak akan dapat untuk menurunkan demam yang diderita oleh anak bayi anda. dalam hal ini yang harus anda lakukan adalah memberikan pertolongan pertama untuk mengatasi demam tersebut. Bingung bagaimana cara mengatasinya? Supaya anda bisa mengetahui cara mengatasi demam pada bayi tersebut, maka anda harus meluangkan sedikit waktu anda untuk membaca artikel saya yang satu ini.

Mengatasi demam pada bayi

Demam adalah suatu peristiwa mekanisme pada tubuh yang sedang melawan adanya suatu penyakit atau suatu infeksi yang pada biasanya hal tersebut banyak disebabkan oleh adanya virus ataupun bakteri, danjuga oleh hal hal yang lainnya. Seseorang dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya itu berada diatas titik normal yaitu lebih dari 37 derajat. Seseorang atau bayi yang mengalami demam biasanya suhu pada badannya sedikit lebih panas dari hari hari biasanya dan terkadang demam juga bisa disertai dengan badan menggigil.

Mengatasi demam pada bayi memang bisa dengan cara di bawa langsung ke dokter ataupun kerumah sakit, namun jika keadaannya anda berada pada posisi jauh dari jangkauan dokter ataupun rumah sakit, maka anda dapat mengatasinya dengan memberikan pertolongan pertama dan paling utama. Untuk mengetahui hal hal yang harus anda lakukan untuk mengatasi demam pada bayi, maka anda harus simak penjelasan di bawah ini.

Cara mengatasi demam pada bayi

Cara mengatasi demam pada bayi, untuk mengatasi demam yang terjadi pada bayi memang bisa langsung di bawa ke dokter ataupun ke rumah sakit, namun jika keadaannya seperti yang sudah saya katakana diatas. Mau tidak mau anda harus bisa untuk mengatasinya terlebih dahulu. nah, berikut adalah hal hal yang harus anda lakukan untuk mengatasi demam pada bayi, diantaranya adalah :
  • Selalu pantau suhu badan bayi secara berkala dengan termometer khusus untuk bayi.
  • Berikan cairan yang cukup pada bayi agar tidak sampai terjadi dehidrasi. 
  • Berikan gizi yang seimbang guna memperkuat imun atau daya tahan tubuhnya. 
  • Perhatikan sirkulasi pada ruangan, supaya tidak terlalu pengap. 
  • Berikan obat penurun demam, jika suhu pada badan bayi lebih dari 38 derajat. 
  • Kompres badan bayi dengan menggunakan air hangat. Kompres tersebut bisa anda letakan pada dahi, perut, ketiak ataupun bagian badan yang lainnya.
  • Usahakan bayi menggunakan pakaian yang bisa menyerap keringat
  • Bawalah segera bayi ke dokter atau ke rumah sakit terdekat, jika demanya tidak kunjung turun.
Rating: 4.5