Miung.com

Jumat, 22 Januari 2016

Penyebab Dan Cara Mengatasi Susah Tidur Atau Insomnia

Penyebab dan cara mengatasi susah tidur atau insomnia – Hmmm, rasanya aneh ya jika ada seseorang bilang mengalami susah tidur pada saat malam hari dan biasanya hal seperti ini kita sebut dengan istilah insomnia. Biasanya yang terjadi dalam kehidupan sehari hari adalah orang susah untuk melek atau tidak tidur di malam hari, namun untuk orang yang insomnia dia cenderung lebih sulit untuk tidur dari pada untuk melek. Memang orang yang mengalami insomnia itu jumlah nya lebih sedikit dari pada orang yang susah melek di malam hari.

Tahukah anda mengapa bisa terjadi seseorang mengalami insomnia atau susah tidur? Seseorang yang mengalami susah tidur itu pasti ada penyebabnya. Nah, masalah penyebab susah tidur akan saya bahas pada artikel saya kali ini, sekaligus akan membahas juga tentang cara untuk mengatasi susah tidur. Jika anda penasaran dan ingin tahu, simak terus penjelasannya ya.

Penyebab susah tidur

Ada banyak hal penyebab yang membuat seseorang menjadi susah tidur. Salah satu penyebab susah tidur yang paling utama dan paling sering terjadi adalah karena orang yang bersangkutan sedang mengalami suatu permasalahan yang cukup berat sehingga ia mengalami stress ataupun fikirannya terlalu tertekan. Selain karena faktor fikiran, masih ada lagi penyebab susah tidur yang lainnya seperti karena factor cuaca.

Adanya cuaca yang tidak mendukung untuk tidur nyenyak misalnya saja, cuacanya sangat panas sekali atau juga sebaliknya yaitu cuacanya sangat dingin sehingga membuat orang menjadi tidak nyaman pada saat tidur, dan hasilnya menjadi susah tidur. Ketika kita sudah mengetahiu penyebab yang membuat seseorang menjadi susah tidur, maka secara tidak langsung kita sudah bisa menemukan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya lagi dibawah ini akan saya ulas tentang cara mengatasi susah tidur.

Cara mengatasi susah tidur

Jika anda sudah tahu penyebab yang membuat anda menjadi ssusah tidur, maka anda harus tahu bagaimana cara mengatasi susah tidur tersebut. Contohnya adalah ketika yang menjadi penyebab anda menjadi susah tidur itu karena adanya factor fikiran atau stress, maka cara mengatasinya adalah dengan cara berusaha untuk menenangkan diri anda baik itu dengan mencari hiburan seperti nonton film, bermain game, atau melakukan hal lain yang bisa membuat anda menjadi melupakan masalah yang sedang anda hadapi.

Apabila anda adalah seorang yang muslim, untuk mengatasi masalah tersebut bisa dengan cara mengambil air wudhu dan kemudian melaksanakan shalat dua rakaat. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan berzikir agar pikiran anda menjadi lebih tenang, hal ini karena anda sudah mendekatkan diri pada sang pencipta dan berusaha untuk menyerahkan segala permasalahan yang sedang anda hadapi kepada sang pencipta. Hal yang demikian dapat untuk menenangkan diri anda yang sedang mengalami banyak masalah yang membuat anda menjadi stress dan akhirnya susah untuk tidur.

Hal seperti itu juga berlaku untuk penyebab yang lainnya, misal jika penyebab yang membuat anda menjadi susah tidur itu karena factor cuaca. Misal anda susah tidur karena adanya cuaca yang sangat panas, maka untuk mengatainya anda dapat dengan menyalakan kipas angin pada saat anda akan tidur, atau sebaliknya. Jika cuaca sangat dingin, maka untuk mengatasinya anda dapat menggunakan selimut yang memiliki kain yang tebal sehingga dapat memberikan kehangatan sehingga akan membuat anda menjadi nyaman pada saat tertidur.
Rating: 4.5