Miung.com

Kamis, 25 Februari 2016

Cara Mengatasi Bayi Kuning, Rewel Dan Susah Makan

Cara mengatasi bayi kuning, rewel dan susah makan – Bicara masalah bayi, bayi itu adalah manusia kecil yang masih sangat lucu, lugu dan juga polos. Selain lugu dan polos bayi juga masih sangat rentan terhadap segala jenis penyakit, sebab bayi belum memiliki kekebalan tubuh yang kuat seperti layaknya orang dewasa. Bayi sangat mudah untuk terserang segala jenis penyakit.

Salah satu jenis penyakit yang sering di derita oleh bayi adalah jenis penyakit kuning. Tahukah anda jika bayi terkena penyakit itu akan membuat seorang bayi menjadi semakin rewel dan yang paling parahnya lagi adalah bayi menjadi sangat susah untuk makan. Jangankan pas lagi sakit, lagi dalam keadaan sehat saja, terkadang bayi itu rewel dan susah makan. Karena itulah saya ingin berbagi tips tentang cara mengatasi bayi kuning, rewel dan susah makan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Cara mengatasi bayi kuning

Bagi para ibu baru mungkin akan mengalami kebingungan, jika bayi yang baru dilahirkannya tiba tiba saja warna kulitnya berubah menjadi kuning, dan yang akan membuat ibu menjadi semakin bingung dan khawatir lagi ketika perubahan warna itu bukan hanya sekedar di kulit saja, akan tetapi terjadi pada bagian kuku baik kaki ataupun tangan, pada bola mata dan juga pada langit langit mulut seorang bayi.

Nah, jika anda mengalami hal atau kejadian seperti ini, anda tidak perlu panik dan bingung. Berikut adalah cara mengatasi bayi kuning, caranya adalah sebagai berikut :
  • Cara yang pertama, anda harus bisa mencari tahu sebabnya terlebih dahulu. apabila kuning yang terjadi karena faktor fisiologis, maka anda tidak perlu melakukan tindakan khusus sebab hal ini akan hilang dengan sendirinya. Namun jika karena factor patologis, anda harus bisa menindak lanjuti dengan membawanya ke dokter.
  • Cara yang ke dua, anda harus memperhatikan kapan tepatnya bayi berubah menjadi kuning, seberapa cepat kecepatan perubahan itu terjadi. Apabila terdapat hal hal yang mencurigakan maka anda harus segera membawa ke dokter. 
  • Cara yang ketiga jangan sampai anda memberi obat yang sembarang pada bayi. 
  • Cara yang ke empat yaitu dengan menghindarkan bayi dari terjadinya infeksi. 
  • Cara yang ke lima dengan memberikan cairan pada bayi setiap 3 sampai 4 jam sekali. 
  • Cara yang terakhir, hindari pemakaian kapur barus pada lemari baju bayi.

Cara mengatasi bayi rewel dan susah makan

Bayi yang kondisi tubuhnya kurang sehat pasti akan memberikan dampak negative seperti rewel dan juga susah untuk makan. Sebagai orang tua yang baik, anda harus tahu bagaimana cara mengatasi bayi rewel dan susah makan. nah, berikut ini adalah cara mengatasi bayi rewel :
  • Gendong bayi dan berikan kehangatan pada bayi dengan sentuhan hangat dari tangan anda.
  • Berikan makanan ataupun minuman kepada bayi agar bayi bisa sedikit lebih tenang. 
  • Priksalah popok atau pempers bayi, siapa tahu rewelnya tersebut dikarenakan ia buang air kecil ataupun buang air besar yang membuatnya tidak nyaman.
Adapun cara mengatasi bayi susah makan adalah sebagai berikut :
  • Berikanlah variasi makanan, jangan monoton itu itu saja, karena mungkin saja bayi mengalami rasa bosan.
  • Usahakan member makan bayi dengan waktu yang teratur.
  • Sajikan makanan yang sekiranya membuat bayi menjadi nafsu untuk makan.
Rating: 4.5