Miung.com

Rabu, 17 Februari 2016

Cara Mengatasi Bootloop

Cara mengatasi bootloop – Secanggih apapun smartphone yang anda miliki pasti akan mengalami yang namanya kerusakan ataupun error dan salah satunya adalah terjadinya bootloop. Bootloop sering kali terjadi pada tipe handphone smartphone seperti sejenis android, dan sebagainya.

Istilah atau pengertian dari bootloop itu sendiri adalah Suatu proses yang gagal untuk booting dan hal ini terjadi karena adanya masalah seperti kerusakan pada salah satu system android yang mana device ataupun perangkat mengalami kegagalan pada saat startup sehingga menyebabkan Hp menjadi tidak dapat menyala dan pada biasanya hp akan berhenti saat berada pada logo android atau tidak mau untuk masuk pada menu home atau menu utama.

Ada tiga jenis kasus bootloop yang sering terjadi pada smartphone android yaitu meliputi Light Bootloop, Medium Bootloop dan Hard Bootloop.yang menjadi pertanyaan anda pada saat ini mungkin adalah bagaimana cara untuk mengatasi bootloop tersebut? Nah, untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, maka anda harus membaca postingan saya yang satu ini. Sebab disini akan saya jelaskan tentang tata cara untuk mengatasi bootloop.

Mengatasi bootloop

Android mengalami bootloop? Bootloop itu sendiri adalah bagian dari sekian masalah yang sering dialami oleh para pengguna smartphone seperti android ataupun tablet. Sebelum saya bahas tentang cara untuk mengatasi bootloop saya jelaskan dulu hal yang dapat menyebabkan android menjadi mengalami bootloop. Bootloop terjadi pada android itu biasanya dikarenakan terjadi kegagalan dalam melakukan upgrade system.

Ada juga yang terjadi kesalahan pada saat menggunakan Stock rom atau firmware dimana itu bukan merupakan jenis firmware yang di rekomendasikan untuk android jenis itu, sehingga hal ini dapat menyebabkan android anda mengalami bootloop pada saat di lakukan restart atau dinyalakan ulang. Proses bootlloop ini biasanya terjadi pada saat logo android atau logo merek ponsel anda muncul di layar namun tidak dapat masuk pada halaman utama.

Apakah anda sudah mengalami hal seperti itu? bagi anda yang belum pernah mengalami hal seperti itu, mungkin anda masih bingung dan tidak tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Hmmm, mulai sekarang anda tidak perlu lagi bingung bingung untuk mengatasi bootloop pada android anda. karena di sini akan saya bagikan tips cara mengatasi bootloop pada android.

Cara mengatasi bootloop

Saya sudah jelaskan diatas bahwa bootloop pada hp android itu sendiri dibagi menjadi tiga yaitu light, medium dan hard. Berikut adalah cara mengatasi bootloop untuk masing masing jenis :
  1. Light bootloop, masalah ini biasanya karena anda melakukan utak utik pada sistem utama namun tidak memakai recovery mode, sehingga menyebabkan terjadinya blank screen.untuk mengatasi light bootloop adalah dengan cara merestart hp terlebih dahulu, apabila masih terdapat keanehan anda harus mematikan serta mencabut baterai hp kemudian baru pasang dan nyalakan kembali.
  2. Medium bootloop. Untuk mengatasi medium bootloop android dapat dilakukan dengan cara merestore atau melakukan penginstalan kembali ke produk awal, namun sebelumnya anda harus membackup data data milik anda agar tidak hilang. 
  3. Hard bootloop. Untuk mengatasi hard bootloop dapat dilakukan dengan cara Factory Reset.
Rating: 4.5