Miung.com

Sabtu, 13 Agustus 2016

Dampak Buruk Bayi Jika Konsumsi Kafein

Apakah Anda tahu bunda dampak buruk bayi konsumsi kafein? Kafein yang dikonsumsi bayi bisa menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini disebabkan karena sisitem organ pencernaan bayi masih belum sempurna sehingga belum bisa menerimanya. Berbeda dengan orang dewasa yang sudah mempunyai sistem organ yang sudah sempurna. Jadi, Anda jangan coba-coba memberikan minuman berkafein ke bayi walaupun hanya sedikit. Lalu, apa dampak buruk bayi konsumsi kafein ini? Mari, kita simak ulasannya yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Beberapa dampak buruk bayi konsumsi kafein

Gangguan kesehatan

Perlu Anda ketahui bunda bahwa bahaya bayi konsumsi kafein ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan, yakni membuat perut bayi sakit, sakit kepala dan tidak bisa tidur. Untuk itu jangan pernah Anda memberikan minuman berkafein ini walau hanya satu sendok saja pada bayi, bila hal ini Anda langgar tentu bayi akan mengalami gangguan kesehatan. Hal ini jangan dianggap remeh karena jika disepelekan juga bisa mempengaruhi perkembangan bayi.

Selera makan dan minum susu turun

Dampak buruk bayi konsumsi kafein lainnya yang wajib Anda tahu, yakni menimbulkan masalah selera makan dan minum susunya menurun. Pasalnya bayi yang konsumsi kopi perutnya akan kenyang, sehingga selera minum susunya akan menurun. Bila hal ini terjadi kebutuhan nutrisinya tidak terlengkapi dengan baik. Alhasil bayi akan mudah sakit karena asupan gizi yang diterima kurang mencukupi akibat konsumsi kafein. Oleh karena itulah hindari pemberian kafein pada bayi agar selera makan dan minumnya tetap stabil.

Masalah mulut dan gigi

Efek buruk lainnya yang akan timbul dari bayi konsumsi kafein adalah mulut dan giginya bermasalah. Mengapa? karena gigi bayi akan mengalami keropos, ya meskipun minuman yang Anda buat tidak terlalu banyak gula. Namun, minuman tersebut akan membuat giginya menjadi keropos. Nah, untuk itulah bila Anda ingin memberikan minuman yang berkafein pada bayi, maka tunggulah hingga usianya mencapai 6 tahun, baru setelah usianya cukup kenalkan minuman tersebut padanya.

Demikian tadi itu beberapa dampak buruk bayi konsumsi kafein yang perlu Anda waspadai. Sebenarnya masih banyak dampak lainnya yang harus Anda waspadai. Semoga informasi yang kami bagikan ke Anda bermanfaat. Baca: Ayo Berikan Makanan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata Balita
Rating: 4.5