Miung.com

Sabtu, 22 Oktober 2016

Mempelajari Bagian Bagian Sel Hewan dan Fungsinya Secara Rinci

Bagian Bagian Sel Hewan dan Fungsinya - Setelah mempelajari tentang sel, bagian-bagian sel, dan fungsinya, maka marilah kita lanjutkan lagi proses belajar kita. Kali ini kita akan mempelajari tentang bagian bagian sel hewan dan fungsinya. Hewan memilik sel. Di dalam sel terdapat bagian-bagian dan fungsinya. Sel hewan terdiri dari 10 bagian, yaitu sentriol, sentrosom, badan mikro, lisosom, mitokondria, ribosom, kompleks golgi, retikulum endoplasma, nukleus, dan membran sel.

Sekilas Tentang Bagian Bagian Pada Sel Hewan dan Fungsinya

Berikut ini akan kita bahas satu persatu tentang bagian bagian dari sel hewan dan fungsinya:

1. Sentriol

Sentriol adalah merupakan bagian sel yang memiliki bentuk seperti silinder yang terdiri dari tubulin. Tubulin adalah protein yang menyusun mikrotubulus. Sentriol berfungsi sebagai pengontrol dalam proses pembentukan benang-benang digelondong selama pembelahan sel dan pengaturan sentrosom pada sel hewan.

2. Sentrosom adalah sel yang berfungsi secara aktif dan hanya terdapat dalam sel hewan saja. Setiap sentrosom terdiri dari dua atau sepasang sentriol. Sentrosom berfungsi saat pembelahan sel (pergerakan kromatin), tempat produksi mikrotubulus pada struktur filamen tipis dalam sel, pengatur silea primer yang ada pada sel epitel ginjal, lapisan perut, reseptor penciuman, serta sel-sel batang pada mata.

3. Badan mikro adalah bagian dari sel yang ukurannya sama seperti lisosom. Badan mikro bisa terdapat dalam sel tumbuhan maupun hewan. Badan mikro berfungsi pada pembentukan enzim. Bentuk badan mikro agak bulat, diselubungi membran tunggal, serta didalmnya berisi enzim pksidase dan enzim katalase.

4. Lisosom adalah bagian dari sel yang berbentuk kantong terikat membran yang berisi enzim hidrolitik yang bermanfaat sebagai pengontrol intraseluler pada berbagai keadaan dan kondisi.Lisosom berfungsi sebagai tempat mencerna bahan-bahan dari luar sel dan bahan-bahan yang tidak dipakai dalam sel

5. Mitokondria

Mitokondria adalah salah satu bagian sel yang berfungsi sebagai tempat respirasi

6. Ribosom

Ribosom adalah salah satu bagian sel berukuran teramat kecil yang berfungsi sebagai tempat sintesa protein

7. Kompleks golgi

Kompleks golgi adalah kumpulan dari banyak badan golgi. Badan golgi banyak terdapat pada bagian tubuh yang mampu berekskresi seperti terjadi pada ginjal. Kompleks golgi berfungsi untuk merakit mikro molekul yang merupakan sumber karbohidrat

8. Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma adalah bagian sel yang dapat ditemukan pada semua sel eukatriotik. Retikulum endoplasma berfungsi sebagai sintesis dan transportasi beraneka jenis zat kimia

9. Nukleus

Nukleus atau inti sel adalah organ terbesar dari sel. Nukleus dilindungi oleh membran nukleus. Lalu apa fungsi dari nukleus? Nukleus memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai pengatur sintesis protein, mengendalikan reproduksi sel, dan pengatur kehidupan sel. Bisa juga sebagai faktor penentu keturunan. Selanjutnya bagian bagian sel hewan dan fungsinya yang terakhir adalah membran sel.

10. Membran sel

Membran sel digunakan sebagai pengatur pertukaran zat dan pelindung bagian sel lainnya. Membran sel memiliki fungsi sebagai tempat berlangsungnya beberapa reaksi kimia, tempat bertukarnya zat atau molekul, sebagai reseptor dari rangsangan luar, berfungsi sebagai pencegah agar sel tidak pecah, memperkokoh sel, serta melindungi bagian-bagian sel yang ada di dalam dan pembatas pada bagian sel yang di luar. Berfungsi sebagai tempat untuk mengatur pertukaran zat, sebagai menerima rangsangan, dan juga sebagai pelindung sel.

Demikian tadi sobat materi kita tentang bagian bagian sel hewan dan fungsinya. Sangat asyik dan menyenangkan kan mempelajarinya. Sobat jangan pernah bosan untuk belajar ya karena dengan membaca dan belajar, maka wawasan kita akan berkembang dengan pesat dan suatu saat ilmu yang kita pelajari akan bermanfaat dalam kehidupan kita.
Rating: 4.5