Miung.com

Sabtu, 31 Desember 2016

Pengertian Pasar Barang Dan Macam Macamnya

Pengertian Pasar Barang Dan Macam Macamnya - Apa Itu Pasar Barang ? Didalam kehidupan kita sehari hari pasti tidak bisa jauh tanpa menjadi konsumen dalam segala hal, apalagi yang menyangkut dengan suatu barang dan penggunaannya. Sehingga mau tidak mau kita akan selalu berhubungan dengan dunia pasar. Pasar sendiri merupakan tempat dimana penjual dan pembeli bertemu dan terjadi transaksi. Ada banyak jenis pasar, salah satunya adalah pasar barang. Pengertian pasar barang dan macam macamnya bisa anda lihat pada penjelasan berikut ini. pengertian dari pasar barang adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang, namun ternyata pasar barang dibagi menjadi dua macam, yaitu pasar barang nyata atau riil dan pasar barang abstrak.

Mengetahui pengertian pasar barang dan macam macamnya merupakan kepentingan bagi anda untuk mengetahui berbagai macam pasar yang ada disekitar kita. Salah satu pasar barang adalah pasar nyata atau riil, merupakan pasar yang menjual produk dalam bentuk barang yang mana bentuk nyata atau fisiknya memang ada dan jelas. Ditempat pasar barang ini lah penjual dan pembeli akan bertemu langsung dan terjadi transaksi jual beli tawar menawar, keputusan, dan akhirnya menyerahkan uang dan barang secara langsung dihadapan penjual dan pembeli. Ada banyak pasar nyata yang ada di Indonesia, bahkan setiap kecamatan yang ada di Indonesia memiliki pasar nyata, contoh yang ada di kota kota besar adalah pasar senin, pasar malam, pasar kaget, dan pasar kebayoran lama, serta pasar tradisional yang ada di setiap wilayah Indonesia.

Selanjutnya adalah mengenai pasar abstrak, walaupun anda sudah tahu pengertian pasar barang dan macam macamnya, ternyata pasar abstrak atau tidak nyata ada didalam macam macam pasar barang. Pasar abstrak ini merupakan pasar yang menjual produk yang tidak nyata atau tidak terlihat, penjual bisa membawa gambarnya saja, atau bahkan bisa dilakukan melalui internet, telephon, bisa melalui surat kabar, dan masih banyak lagi media lainnya. cpntph dari pasar tidak nyata ini menjual berbagai barang, seperti pasar kopi, pasar karet bahkan pasar yang berhubungan dengan kehidupan kita sehari hari seperti pakaian.

Macam-Macam Pasar Barang

Ketika anda sudah mengetahui pengertian pasar barang dan macam macamnya maka anda perlu tahu bentuk pasar berdasarkan jenis barang yang dijual didalamnya. barang barang yang diperjual belikan tersebut meliputi :

· Pasar barang konsumsi

Pasar barang konsumsi ini merupakan pasar barang yang memperjual belikan barang barang yang digunakan dalam kehidupan sehari hari, ada banyak macam barang yang digunakan seperti makanan pokok, pakaian, dan lainnya

· Pasar barang produksi
Merupakan pasar barang produksi yang memperjual belikan alat alat untuk memproduksi suatu barang, contohnya adalah alat alat untuk pertanian, alat untuk transportasi, dan lain sebagainya

Dan pada kenyataannya bahwa pasar barang selalu memiliki hubungan dengan mekanisme struktur pasar, sehingga selain anda mengetahui pengertian pasar barang dan macam macamnya anda juga perlu mengetahui berbagai bentuk pasar sesuai dengan strukturnya, berikut ini adalah berbagai bentuk pasar yang harus anda ketahui:

· Pasar persaingan yang sempurna
Merupakan pasar yang memiliki penjual dan pembeli yang banyak dengan barang yang dijual bersifat homogeny, sehingga harga di tentukan oleh pasar itu sendiri. penjual dan pembeli juga memiliki kebebasan dalam keluar masuk pasar. Harga yang ada pada pasar ini adalah kesepakatan antara penjual dan pembeli. Dalam pasar ini maka perusahaan mendapat keuntungan yang lebih diatas normal, perusahaan juga dalam keadaan BEP, dan perusahaan akan merugi rata rata namun mampu membayar biaya variable.

· Pasar monopoli
Merupakan pasar yang hanya memiliki satu penjual saja, sehingga tidak ada penjual yang mampu memasuki kedalam pasar tersebut. pasar ini memiliki jumlah pembeli yang sangat banyak sehingga harga ditentukan secara mutlak oleh satu perusahaan tersebut.

· Pasar oligopoly
Merupakan pasar yang memiliki beberapa penjual atau perusahaan saja, dan kata oligopoly memiliki makna bahwa adanya persaingan antara beberapa perusahaan atau penjual

· Pasar persaingan monopolistic
Merupakan perusahaan yang sering menyebar resiko kerugian dengan membuat atau memproduksi berbagai produk akan tetapi masih dalam satu perusahaan. Anda bisa melihatnya jika anda pergi ketoko maka anda bisa melihat ada banyak jenis benda yang diperjual belikan namun hanya ada satu merk saja.

Setelah anda memahami pengertian pasar barang dan macam macamnya, serta barang barang apa saja yang diperjual belikan maka anda juga harus mengetahui mengenai luas jangkauan pasar. Ada tiga macam pasar berdasarkan luas jangkauannya. Antara lain pasar lokal, merupakan pang yang memiliki kegiatan dalam bentuk daerah atau lokal saja. selanjutnya pasar nasional, dimana pasar tersebut merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang berasal dari daerah dan wilayah yang ada di sebuah negara. Dan yang ketiga adalah pasar internasional, tempat bertemunya penjual dan pembeli yang berasal dari berbagai negara yang ada didunia ini. Baca: pengertian sistem perekonomian pasar bebas, ciri ciri, kelemahan dan kelebihan
Rating: 4.5