Miung.com

Selasa, 27 Desember 2016

Pengertian Rumah Tangga Konsumen (RTK) Dan Produsen (RTP) dan Hal Lain Yang Melingkupinya

Pengertian Rumah Tangga Konsumen (RTK ) dan Rumah Tangga Produksi (RTP) 

Dalam kehidupan sehari hari setiap manusia pasti mengalami kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi, mulai dari bangun tidur, makan, mandi, dan masih banyak lagi kegiatan sehari hari yang berhubungan dengan pemanfaatan suatu fungsi barang ata jasa. Untuk seseorang atau kelompok yang memanfaatkan barang atau jasa dari sebuah produsen maka dinamakan dengan rumah tangga konsumen. Tanpa kita sehari andalah yang menjadi konsumen dalam segala benda yang diciptakan oleh orang lain atau produsen. Salah satu rumah tangga konsumen terdiri dari satu keluarga yaitu ayah, ibu, dan anak anaknya. Sedangkan rumah tangga produsen memiliki arti rumah tangga ekonomi yang melakukan kegiatan produksi suatu barang atau jasa, sehingga rumah tangga produsen bisa juga berupa perorangan atau malah sebuah perusahaan. Dengan mengetahui pengertian rumah tangga konsumen (RTK) dan produsen (RTP) maka anda akan mengetahui bahwa anda dalam posisi ekonomi sebagai apa.

Peran dari RTK dan RTP Yang Seharusnya Kamu Ketahui

Selain anda mengetahui pengertian rumah tangga konsumen (RTK) dan produsen (RTP) anda juga perlu mengetahui bahwa didalam rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen memiliki peran sendiri sendiri yang sangat penting agar perekonomian berjalan dengan benar. Peran dari rumah tangga konsumen antara lain :
  • Rumah tangga konsumen bertindak sebagai konsumsi atau membeli barang atau jasa yang telah di sediakan oleh rumah tangga produsen.
  • Sebagai konsumen maka memiliki pajak yang harus dibayarkan kepada pemerintah
  • Rumah tangga konsumen juga memiliki kompensasi atau imbalan yang berasal dari berbagai usaha
  • Rumah tangga konsumen juga yang menyediakan faktor faktor produksi seperti halnya modal, skill, tenaga kerja, dan alam, dan menjualkannya kepada produsen
  • Dan rumah tangga konsumenlah yang membelanjakan penghasilannya untuk membeli barang atau jasa yang berasal dari produsen.
Setelah anda mengetahui peran dan pengertian rumah tangga konsumen (RTK) dan produsen (RTP) juga memiliki peran yang berlainan, berikut ini peran dari rumah tangga konsumen yang perlu anda ketahui:
  1. Tidak hanya rumah tangga konsumen saja yang memiliki kewajiban dalam membayar pajak pada pemerintah, namun rumah tangga produsen juga memiliki kewajiban dalam membayar pajak kepada pemerintah
  2. Rumah tangga produksi juga memproduksi barang dan jasa yang diperoleh dari produksi
  3. Produsen juga harus membayar kompensasi atau balas jasa berupa upah atau gaji, keuntungan atau laba, bunga, dan sewa
  4. Dan yang terakhir peran dari rumah tangga produsen adalah menjual produknya kepada rumah tangga konsumen, rumah tangga pemerintah, dan masyarakat luar negeri.
Mengetahui masing masing peran dan pengertian rumah tangga konsumen (RTK) dan produsen (RTP) memang penting, namun anda juga harus mengetahui faktor produksi pada produsen, yaitu :
  • Sumber daya alam
Sumber daya alam memang sangat mempengaruhi sebagai faktor terciptanya produksi, salah satu sumber alam yang paling berpengaruh adalah tanah, dimana tanpa tanah maka segala jenis tumbuhan dan bahan bahan produksi lainnya tidak akan terwujud atau muncul.
  • Sumber daya manusia
Jika sumber daya alam sebagai bahan sudah ada, namun tidak ada sumber daya manusia maka tidak akan pernah menghasilkan produksi, sehingga dengan adanya sumber daya manusia berperan sangat penting, manusia sebagai pimpinan, hingga menjadi pekerja atau pesuruh.
  • Modal
Dan hal penting selanjutnya yang harus ada adalah modal, tanpa adanya modal maka suatu produksi tidak akan berjalan dan menghasilkan barang atau jasa yang diinginkan.
  • Skill
Dan tanpa adanya skill maka produksi suatu benda hanya akan bertahan sebentar saja, namun dengan adanya skill maka banyak rumah tangga konsumen yang akan membeli barang barang anda.

Selanjutnya setelah anda memahami peran, pengertian sumah tangga konsumen (RTK) dan produsen (RTP) serta faktor dalam produksi pada produsen, maka selanjutnya anda juga perlu mengetahui faktor yang memiliki pengaruh perbedaan kegiatan dalam konsumsi rumah tangga, yaitu

1. Jumlah anggota keluarga
Antara keluarga satu dan yang lainnya dalam mengkonsumsi suatu barang atau lainnya sangat berbeda, hal ini dikarenakan jumlah keluarga mereka yang tidak sama.

2. Jumlah pendapatan keluarga
Hal ini juga sangat mempengaruhi, karena pendapatan yang kecil dalam pembelanjaan barangnya berbeda dengan pendapatan besar

3. Status sosial ekonomi keluarga
Memiliki tingkat status sosial yang rendah atau tinggi juga akan membepngaruhi konsumsi dalam sebuiah keluarga

4. Tingkat harga barangDan untuk tingkat barang juga memiliki harga yang berbeda beda.

Selain itu ada beberapa ciri ciri yang ada pada rumah tangga produsen, mereka memiliki ciri seperti menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga konsumen, mampu menghasilkan uang dari penjualan barang terhadap rumah tangga konsumen, dan masih banyak lagi ciri lainnya yang perlu anda ketahui selain mengetahui pengertian rumah tangga konsumen (RTK) dan produsen (RTP). Baca: pengertian sistem perekonomian pasar bebas, ciri ciri, kelemahan dan kelebihan
Rating: 4.5